Jokowi Bahas Persiapan Pilkada 2018 di Istana Bogor

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 06 Dec 2017 12:52 WIB
pemilu serentak 2019pilkada 2018
Jokowi Bahas Persiapan Pilkada 2018 di Istana Bogor
Presiden Joko Widodo (tengah kiri) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah kanan) memimpin rapat terbatas tentang Pengembangan 10 Bali Baru yang juga dihadiri menteri-menteri terkait di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/11) - ANT/Rosa Pa

Bogor: Presiden Joko Widodo mengumpulkan para menteri Kabinet Kerja, Kapolri, Panglima, dan Jaksa Agung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, 6 Desember 2017. Ia akan memimpin sidang kabinet paripurna mengenai persiapan Pilkada Serentak 2018.

Pilkada tahun depan akan berlangsung di 171 daerah, terdiri dari 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten. Hari pencoblosan Pilkada Serentak 2018 telah ditetapkan pada 27 Juni 2018.

Jelang pelaksanaan pesta demokrasi itu, aparat keamanan dan penyelenggara pemilu telah memetakan daerah-daerah rawan. Yakni, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Papua.

Daerah tersebut dianggap rawan karena memiliki jumlah penduduk yang banyak. Presiden dalam berbagai kesempatan meminta agar masyarakat tidak terpecah karena berbeda pilihan di pilkada. 

Presiden minta masyarakat lebih kritis dalam menyikapi ajang pesta demokrasi tersebut. "Negara ini negara besar, jangan hanya karena beda pilihan bupati, wali kota, gubernur pecah persaudaraan kita," kata Presiden saat penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat di Jalan Raya Serpong Puspiptek, Tangerang Selatan, Rabu, 11 Oktober 2017.

Presiden ingin masyarakat sadar ada persaudaraan tiap masyarakat. Dengan begitu, pelaksanaan pesta demokrasi bisa berjalan lancar dan aman.

Selain membahas persiapan pilkada, Presiden juga akan membahas Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2018. Sidang kabinet rencananya berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB.

Sebelum itu, Presiden akan menerima Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2018 serta Anugerah "Dana Rakça" Tahun 2017.
 


(REN)

Asep Iwan: Proses Hukum Terus Berlangsung Meski Setnov Bungkam

Asep Iwan: Proses Hukum Terus Berlangsung Meski Setnov Bungkam

2 minutes Ago

Pakar hukum pidana Asep Iwan Iriawan menerangkan bahwa drama apapun tak akan mengganggu proses …

BERITA LAINNYA