Sharing the Dream, Kontribusi SCG Bantu Pendidikan Anak Bangsa

M Studio    •    Rabu, 21 Sep 2016 11:23 WIB
industri semen
Sharing the Dream, Kontribusi SCG Bantu Pendidikan Anak Bangsa
SCG Sharing The Dream 2016 merupakan program CSR tahunan SCG berupa bantuan pendidikan bagi pelajar (Foto:Dok.SCG)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pendidikan merupakan unsur penting dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, kreatif, berprestasi, sekaligus mencintai lingkungan hidup. Perusahaan SCG (Siam Cement Group ) menunjukkan kepedulian terhadap kelangsungan masa depan generasi muda Indonesia dengan berkontribusi pada sektor pendidikan yakni dengan membagikan 350 beasiswa untuk anak-anak Indonesia.


Program bertajuk “SCG Sharing The Dream 2016” ini merupakan kontribusi SCG untuk menciptakan perbaikan sosial dan ekonomi jangka panjang. Di tahun ini, SCG bekerja sama dengan organisasi lingkungan hidup, Greeneration, untuk memberikan materi terkait pengelolaan sampah yang bertanggung jawab kepada sejumlah penerima beasiswa.


Sementara bersama Ancora Foundation, SCG memilih dan memberikan bantuan pendidikan kepada pelajar di Indonesia yang akan menempuh pendidikan perguruan tinggi. Program beasiswa ini menyeleksi para pelajar yang memiliki moral dan karakter baik. Caranya dengan meminta mereka menulis esai yang menggambarkan bagaimana mereka menghargai keluarga dan komunitas sekitarnya.


Ada pun yang menjadi kriteria penilaian SCG dalam menyeleksi calon penerima beasiswa yaitu latar belakang ekonomi, prestasi akademis, keterlibatan ekstrakurikuler, prestasi ekstrakurikuler, visi dan misi pribadi, serta nilai-nilai pribadi.


Untuk mendaftar, pelajar mengumpulkan esai dengan topik “Melestarikan Lingkungan Adalah Langkah Siswa untuk Menunjukkan Rasa Syukur.” Pendaftarannya sendiri telah dibuka pada 14 April hingga 20 Mei 2016. Penerima beasiswa akan menerima bantuan pendidikan senilai Rp2 juta per orang, termasuk satu set perlengkapan sekolah yang terdiri atas tas punggung, buku tulis, topi, alat tulis, dan kaos. Dalam dua tahun ke depan, SCG akan mengevaluasi para penerima beasiswa guna memastikan bantuan yang diberikan dapat berguna bagi siswa tersebut hingga masuk ke perguruan tinggi.


“SCG Sharing The Dream 2016” sendiri merupakan program CSR tahunan dari SCG yang menyediakan bantuan pendidikan bagi pelajar. Program ini adalah sebuah upaya mempromosikan program dan kegiatan yang didedikasikan untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini di sekolah menengah sebagai langkah awal untuk menciptakan masa depan yang cerah lewat pendidikan.


Program ini dimulai di Thailand, kemudian berkembang pada 2007 di Vietnam, Filipina, dan Myanmar. Hingga saat ini, SCG telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 5 ribu pelajar berprestasi di berbagai negara di ASEAN setiap tahunnya. Di Indonesia penerima beasiswa telah mencapai 1.500 orang.


Berdiri sejak 1913, SCG sendiri merupakan produsen semen dan perusahaan konglomerat ASEAN. Dengan membawahi lebih dari 200 perusahaan, SCG mempekerjakan lebih dari 52.500 orang karyawan serta sudah tersebar luas di Benua Asia, khususnya wilayah ASEAN. Di Indonesia, SCG mulai menjalankan bisnis sejak tahun 1995 dan memiliki tiga inti unit bisnis, yaitu SCG Cement-Building Materials, SCG Chemicals, serta SCG Packaging.


Hingga kini, di Indonesia, SCG memiliki total 23 perusahaan dengan total kurang lebih 7.100 karyawan. Berusia lebih dari 100 tahun, SCG selalu berupaya menciptakan produk performa tinggi yang inovatif dengan kualitas premium untuk melayani kebutuhan konsumen dari berbagai industri. Juga berkomitmen untuk selalu berinovasi dalam menciptakan produk dan menyediakan layanan berkualitas tinggi untuk menjawab kebutuhan pelanggan serta memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga Indonesia dan ASEAN.

 


(ROS)

Video /