Presiden akan Sambut Kunjungan Kenegaraan Wapres AS

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 20 Apr 2017 07:21 WIB
hubungan bilateral
Presiden akan Sambut Kunjungan Kenegaraan Wapres AS
Wakil Presiden Amerika Serikat Michael R. Pence. Foto: Reuters.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo akan menyambut kedatangan Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence dan istrinya, Karen Pence di Istana Merdeka, Jakarta. Ada beberapa isu yang akan dibahas pemerintah Indonesia dan AS.

Pence dan istrinya dijadwalkan tiba di Istana Merdeka, pada 20 April 2017, sekira pukul 10.00 WIB. Upacara kenegaraan menjadi 'ritual' khusus dalam menyambut tamu negara. Presiden rencananya akan memberikan keterangan pers bersama, setelah berbincang dengan Pence.

Wakil Presiden Jusuf Kalla rencananya juga akan menyambut kedatangan orang nomor dua di negara Paman Sam tersebut. Ia bersama Pence akan melakukan pertemuan bilateral.

"Agenda utamanya adalah hal yang berkaitan tentunya dengan kepentingan kedua negara," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 17 April 2017.

Pria yang akrab disapa Pram itu belum mau mengungkapkan materi pembahasan bersama Pence. Menurut dia, semua bahan pembahasan telah diurus Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Kedubes AS di Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara asia yang akan dikunjungi Wapres AS, pascaterpilih dalam pilpres AS lalu. Pasangan Donal Trump itu juga akan mengunjungi Korea Selatan, Brazil, serta Jepang.




(OGI)