Kendala Pembahasan RUU Minol

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 20 Apr 2017 20:04 WIB
berita dpr
Kendala Pembahasan RUU Minol
(Foto: wikidpr)

Metrotvnews.com, Jakarta: Proses pembahasan regulasi peredaran minuman beralkohol (minol) mengalami kendala. Dijelaskan oleh Anggota Komisi VIII DPR RI Achmad Mustaqim bahwa terhambatnya pembahasan karena permasalahan judul. Seluruh fraksi belum satu suara.

"Ada dua penghambat pembahasan Pansus. Pertama secara internal dalam Pansus ada polarisasi judul dan konten," kata Mustaqim di Gedung Kura Kura Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Kamis 20 April 2017.

Politikus PPP itu tegas menyatakan bahwa dirinya tegas mendukung usulan nama Rancangan Undang-Undang (RUU) peredaran minuman keras dengan nama Larangan minuman beralkohol (Minol). Judul itu merupakan keputusan rapat panitia khusus (Pansus) Minol pada 26 Mei 2016 lalu.

"Pertama kayak PPP yang di dukung dua fraksi lain di judul 'larangan', beberapa fraksi setuju judul 'pengendalian dan pengawasan', kemudian ada yang setuju judul minuman beralkohol," ungkap dia.

Selain itu, kendala lain yang menjadi oenghambat proses pembahasan yaitu seringnya pihak pemerintah yang tidak hadir dalam rapat Pansus, terlebih ketika akan mengambil keputusan daftar inventaris masalah (DIM) yang diajukan pemerintah. Diantaranya terkait penjudulan RUU Minol tersebut.

Pemerintah, kata dia, masih berupaya judul RUU minol dengan kata pengendalian dan pengawasan. "Namun kita meminta agar kata 'larangan' tetap masuk di dalam RUU sebagai bentuk perlindungan masyarakat dengan mayoritas umat Islam," ujar dia.

Dia mengakui, permasalahan ini menghabiskan banyak waktu, sehingga ada kemungkinan pembahasan RUU Minol akan ditutup jika tidak bisa diselesaikan pada masa sidang kali ini.

Oleh karena itu, dia berharap permasalahan ini bisa cepat diselesaikan. Selain itu, dia juga berharap agar DPR memberikan waktu tambahan kepada Pansus agar dapat merampungkan RUU tersebut.

"Dan pemerintah pun komitmen ingin melanjutkan perdebatan pembahasan RUU ini," ujarnya.


(ROS)

Elza Syarief Tuding Yulianis Diistimewakan KPK

Elza Syarief Tuding Yulianis Diistimewakan KPK

7 hours Ago

Kuasa hukum Nazaruddin, Elza Syarief menggelar konferensi pers menanggapi pernyataan Yulianis. …

BERITA LAINNYA