Massa Aksi Bela Rohingya Padati Kawasan Monas

Ilham wibowo    •    Sabtu, 16 Sep 2017 10:51 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Massa Aksi Bela Rohingya Padati Kawasan Monas
Ribuan orang memadati Monas berunjuk rasa sebagai bentuk simpati terhadap etnis Rohingya. Foto-foto: Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Massa dari sejumlah organisasi kemasyarakatan Islam memadati kawasan Monumen Nasional (Monas) tepatnya di sekitar pintu Barat Daya. Massa aksi berunjuk rasa membela etnis Rohingya di Myanmar.

Dari pantauan Metrotvnews.com, massa nampak berkerumun mulai dari kawasan Irti hingga Monumen Patung Kuda di Jalan Merdeka Selatan. Mereka mengenakan pakaian serba putih. Aksi damai ini juga diikuti seluruh kalangan masyarakat mulai golongan usia muda hingga tua.

Sejumlah ruas jalan di sekitar Monas pun menjadi  tersendat. Di beberapa lokasi polisi melakukan pengalihan arus lalu lintas.

"Dalam surat pemberitahuan aksi tersebut akan diikuti 10.000 orang," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Sabtu 16 September 2017.

Argo mengatakan kepolisian menyiapkan personel untuk pengamanan jalannya aksi. Sejumlah petugas ditempatkan di beberapa titik.

Baca: Krisis Rakhine akan Sulit Dibawa ke Mahkamah Internasional

"Ada 6.000 personel lebih kita siagakan di lokasi. Kami harapkan massa mengikuti peraturan undang-undang dalam menjalankan aksinya," ujarnya.

Aksi solidaritas kemanusiaan ini juga diisi orasi dari sejumlah tokoh ormas. Mereka menyampaikan rasa keprihatinannya terhadap peristiwa yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar.




(UWA)