Jokowi Lantik Kepala BNPB Pagi Ini

Candra Yuri Nuralam    •    Rabu, 09 Jan 2019 05:30 WIB
bnpb
Jokowi Lantik Kepala BNPB Pagi Ini
Ilustrasi. (Foto: MI/Rommy Pujianto).

Jakarta: Presiden Joko Widodo akan melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada pagi ini. Jadwal pelantikan diketahui dari kicauan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di akun twitternya.

"Presiden rencana akan melantik Kepala BNPB yang baru di Istana Negara pada 9/1/2019 pukul 09.00 WIB," cuit Sutopo yang dinukil Medcom.id, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.

Namun demikian, Sutopo tidak memberitahu nama pengganti Laksamana Muda TNI (Purn) Willem Rampangilei. Ia hanya berharap kepala BNPB yang baru mampu menjalankan tugas sebaik-baiknya di tengah tantangan penanggulangan bencana yang kian berat.

"Tantangan penanggulangan bencana makin berat karena bencana meningkat. Semoga selalu mendapatkan rida dari Allah SWT dalam penanggulangan bencana," tulis Sutopo.

Sebenarnya, pelantikan kepala BNPB dijadwalkan pada Rabu, 2 Januari 2019 lalu. Namun acara tersebut ditunda lantaran berbenturan dengan agenda Jokowi yang melakukan tinjauan ke lokasi terdampak tsunami di Lampung.

Baca juga: Letjen Doni Jadi Kepala BNPB

Santer kabar, kepala BNPB anyar akan dijabat Letnan Jenderal (Letjen) Doni Monardo. Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi membenarkan informasi tersebut. "Benar," ujarnya singkat kepada Medcom.id, Selasa, 1 Januari 2019.

Doni Monardo merupakan Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). Ia mengisi jabatan tersebut sejak Maret 2018.

Perwira tinggi TNI-AD itu merupakan lulusan Akademi Militer Tahun 1985. Ia pernah menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) pada masa Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. 

Kemudian, Letjen Doni juga tercatat pernah menjadi Danjen Kopassus pada 2014. Jenderal TNI bintang tiga itu juga pernah menjadi Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi.


(HUS)