Jokowi: Ekonomi Indonesia akan Jadi Terkuat Keempat

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 10 Oct 2018 10:55 WIB
pertumbuhan ekonomi
Jokowi: Ekonomi Indonesia akan Jadi Terkuat Keempat
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin rapat terbatas penanganan dampak gempa dan tsunami Palu serta Donggala di Kantor Presiden, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Bogor: Presiden Joko Widodo nenyebut Indonesia akan menjadi negara kuat di bidang ekonomi pada 2045. Pendapatan per kapita Indonesia dapat mencapai USD29 ribu atas setara Rp443 juta.

"Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terkuat keempat dunia," kata Jokowi dalam silaturahmi peserta Apresiasi Kebangsaan Siswa Indonesia (AKSI) di Grand Mya Resort and Convention Hotel, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 10 Oktober 2018.

Menurut dia, data ini berdasarkan hasil penghitungan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bank Dunia, dan McKinsey & Company. Untuk mencapai posisi itu, terang dia, pemerintah harus kerja keras. 

Kepala Negara bakal terus menjalankan pembangunan yang merata di Papua, Jawa, Sumatera, Kalimantan, serta Bali. "Tanpa itu, jangan mimpi kita menjadi negara dengan ekonomi terkuat nomor empat, nomor tiga dunia. Masa depan itu milik anak-anakku semua," ucap dia.

Baca: IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI ke 5,17%

Dia pun mengingatkan para siswa untuk menjaga persatuan, kesatuan, dan kerukunan. Pasalnya, hal itu adalah aset terbesar bangsa.

"Kalau kita bersatu, ini potensi besar yang akan mengalahkan negara lain dalam berkompetisi," ujar dia.


(OGI)