Kapolri Diminta Perkuat Kerja Sama dengan Kepolisian Negara Tetangga

Desi Angriani    •    Rabu, 14 Feb 2018 15:36 WIB
polri
Kapolri Diminta Perkuat Kerja Sama dengan Kepolisian Negara Tetangga
Kapolri Jenderal Tito Karnavian usai bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla - Medcom.id/Desi Angriani.

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Kepolisian RI terus memperkuat kerja sama dengan kepolisian negara tetangga. Permintaan itu disampaikan setelah pimpinan kepolisian negara asing memperoleh anugerah Bintang Bhayangkara Utama dari Presiden Joko Widodo. 

“Beliau (Pak) JK mendukung pemberian penghargaan ini dan berharap hubungan antara kepolisian Indonesia dengan kepolisian-kepolisian negara yang kita berikan penghargaan akan semakin baik dari waktu ke waktu. Apalagi memang cukup banyak problema transnasional dengan negara tetangga kita,” kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian seusai menemui JK di Kantor Wapres,  Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu, 14 Februari 2018. 

Tito menuturkan selama ini hubungan antara kepolisian Indonesia dan kepolisian negara tetangga terjalin baik khususnya dalam pemberantasan terorisme, perdagangan narkotika, penyelundupan manusia serta cyber crime. Hubungan tersebut murni untuk menjaga keamanan masing-masing negara tanpa disusupi unsur politik. 

“Itulah pentingnya hubungan ini agar bekerja bersama tanpa terpengaruh hubungan politik, tapi sejauh ini hubungan politik Indonesia dan negara tetangga cukup bagus," tutur dia. 

Dalam pertemuan dengan JK tersebut, Tito memboyong kepala polisi Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina dan perwakilan kepolisian Australia. 

Adapun lima kepala kepolisian negara sahabat yang mendapat Bintang Bhayangkara Utama terdiri dari empat kepala polisi negara ASEAN dan satu kepala polisi dari Australia.

Mereka yakni Kepala Kepolisian Singapura Hong We Teck, Kepala Kepolisian Malaysia Tan Sri Dato Sri Mohammad Fuji, Kepala Kepolisian Brunei Darussalam Dato Paduka Seri Hajo Mohd Jammy Bin Haji Muhd Syah Al Islam, Kepala Kepolisian Filipina Ronald M Dela Rosa, serta perwakilan Kepala Kepolisian Australia Jamie Strauss.




(REN)