Bela Diri Modern

M Studio    •    Rabu, 15 Nov 2017 18:16 WIB
galeriindonesiakaya
Bela Diri Modern
Deswyn Pesik (Foto:MI/Permana)

Jakarta: Seni bela diri memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Secara luas, bela diri berarti metode apapun yang dipakai manusia dalam mempertahankan diri dari serangan musuh.

Bela diri diperlukan dalam menghadapi kondisi tak diinginkan yang berpotensi membahayakan jiwa. Misalnya, pemalakan, perampokan, dan lainnya.

Selain untuk membela diri, fungsi lain dari seni bela diri adalah untuk menyehatkan dan memperbaiki metabolisme tubuh. Pada dasarnya, gerakan bela diri terdiri dari gerakan olahraga. Oleh karena itu, rutin berlatih bela diri akan menyehatkan tubuh.

Seiring perkembangan zaman, seni bela diri mulai meramaikan kancah perfilman, khususnya film aksi dan laga. Tak jarang, aksi berbahaya sang pemeran utama digantikan oleh pemeran pengganti atau stuntman. Contoh adegan berbahaya yang dilakukan pemeran pengganti yakni melompat dari satu gedung ke gedung lain, ditembakkan dari sebuah meriam, dan lainnya.

Profesi pemeran pengganti saat ini cukup diminati. Sebut saja Deswyn Pesik, lebih dari 12 tahun sudah menekuni profesi pemeran pengganti. Dia kini tergabung dalam komunitas stuntman, yaitu Stunt Fighter Community.

Risiko menjadi stuntman harus menjadi perhatian bagi pelakunya, mulai dari yang ringan hingga berat harus benar-benar diperhitungkan karena mereka dituntut untuk mempunyai teknik bela diri dan ketahanan tubuh yang maksimal.

Kegiatan stuntman harus didukung oleh olahraga yang tepat, seperti yang dilakukan oleh Komunitas Indobarian. Dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar dan menggunakan bobot tubuh untuk latihan beban, komunitas ini percaya bahwa tubuh yang sehat dengan otot-otot yang terbentuk optimal dapat diperoleh di mana saja.

Tujuan utama dari Indobarian adalah membantu meningkatkan kesadaran dan sensitivitas seseorang terhadap manusia dan alam di sekitarnya serta memperbaiki keseimbangan, ada juga meditasi dalam latihannya.   

Anda bisa menyaksikan selengkapnya di program IDEnesia, dalam episode Bela Diri Modern, yang akan tayang pada Kamis, 16 November 2017, pukul 21.05 WIB, hanya di Metro TV.


(ROS)