Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Cibubur II

Dhaifurrakhman Abas    •    Jumat, 13 Apr 2018 17:25 WIB
sistem ganjil genap
Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Cibubur II
Kepala BPTJ Bambang Prihartono - Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.

Jakarta: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyiapkan dua kebijakan untuk mengurangi kemacetan di ruas Tol Jagorawi. Uji coba dimulai pada Senin, 16 April 2018.

"Kita sudah menyiapkan dua paket kebijakan di Tol Jagorawi. Ini sedikit berbeda dari tiga aturan yang sudah diterapkan di ruas Tol Jakarta-Cikampek," kata Kepala BPTJ, Bambang Prihartono, kepada wartawan, saat jumpa pers, di Kantor Jasa Marga Pusat, Jakarta Timur, Jumat, 13 April 2018. 

Implementasi kebijakan pertama yakni menerapkan lajur khusus di jalur satu untuk kendaraan bus. Jalur khusus ini akan diterapkan dari Bogor, Jawa Barat sampai Pasar Rebo, Jakarta Timur. 

"Kita akan mencoba menerapkan uji coba jalur khusus untuk bus di jalur satu," papar dia.

Kemudian, kebijakan ganjil genap khusus untuk kendaraan pribadi atau golongan I dan II. Ganjil genap bakal diberlakukan di Gerbang Tol Cibubur II tiap pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB Senin hingga Jumat. 

(Baca juga: Aturan Ganjil-Genap Tol Cikampek Mengurangi Macet 40%)


"Itu dikarenakan jumlah kepadatan yang melebihi kapasitas tampung di Gerbang Tol Cibubur II. Tetapi kendaraan tidak dikenakan sistem ganjil genap di pintu tol lainnya," beber dia.

Adapun kebijakan pembatasan kendaraan angkutan berat atau golongan III, IV dan V, tidak diberlakukan di ruas Tol Jagorawi. Sebabnya, akses jalur Tol Jagorawi tidak banyak dilewati kendaraan berat seperti yang terjadi di ruas Tol Jakarta-Tangerang maupun Jakarta-Cikampek.

Regulasi ini dimantapkan karena melihat kondisi penerapan kebijakan yang sama dinilai sukses mengurai kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Kebijakan ini juga diberlakukan karena akan dilaksanakannya Asian Games pada 18 Agustus 2018. 

Bambang menyatakan, BPTJ sebelumnya telah melaksanakan survei kepada masyarakat, pemangku kebijakan, dan pengguna jalan tol terkait kebijakan ini. Hasil survei menunjukkan sistem ini diklaim pantas untuk diuji coba di Tol Jagorawi. 





(REN)

KPK Diminta Segera Ungkap Nama Besar di Belakang Novanto

KPK Diminta Segera Ungkap Nama Besar di Belakang Novanto

2 hours Ago

Setelah vonis 15 tahun terhadap Setya Novanto diketuk, KPK diminta untuk segera mengungkap nama…

BERITA LAINNYA