Legislator Tagih Janji Pemerintah Soal Pengangkatan Perangkat Desa

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 17 Apr 2018 13:23 WIB
berita dpr
Legislator Tagih Janji Pemerintah Soal Pengangkatan Perangkat Desa
Anggota Komisi II DPR RI Firman Soebagyo (Foto:Dok.DPR)

Jakarta: Komisi II DPR RI mendorong pemerintah agar segera menyelesaikan persoalan mengenai keputusan peningkatan honorarium Perangkat Desa di seluruh Indonesia menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Sebab, hal itu merupakan janji Presiden Joko Widodo sewaktu berkampanye, beberapa tahun lalu.

Anggota Komisi II DPR RI Firman Soebagyo memaklumi jika pemerintah menghadapi banyak kendala dalam mewujudkan janji tersebut, di antaranya terkendala aturan.

Namun, dia tetap meminta agar permasalahan itu segera diselesaikan. Dia tak ingin janji manis tersebut membuat pegawai honorarium perangkat desa menjadi marah kepada pemerintah.

“Apalagi saat ini menjelang pemilu. Kalau mereka tidak mendapatkan perhatian dan tidak segera diselesaikan persoalannya, dikhawatirkan terjadi boikot tidak mau melaksanakan tugas-tugas kewenangannya yang terkait dengan masalah persiapan pemilu, maka akan berbahaya sekali. Oleh karenanya, kami menekankan agar tuntutan mereka dapat segera dipenuhi,” kata Firman dalam keterangan tertulis, Selasa, 17 April 2018.

Politikus Golkar itu mengaku heran dengan sikap pemerintah yang cenderung tak serius memenuhi janjinya. Padahal, polemik pengangkatan honorer perangkat desa menjadi PNS merupakan masalah serius yang harus segera diselesaikan.

"Oleh sebab itu, pada pertemuan kali ini ditegaskan kembali mengenai tuntutan itu. Ini harus segera diselesaikan, karena ini adalah persoalan serius,” katanya.

Selain itu, Firman juga heran dengan alasan yang digunakan, yaitu keuangan membuat pemerintah urung merealisasikan pengangkatan tersebut. Namun, disaat yang sama pemerintah selalu menyanggupi permintaan beberapa instasi atau lembaga lain untuk meningkatkan kesejahteraan. 

“Kalau untuk kenaikan gaji pegawai Pajak, pegawai Bea Cukai, BUMN Perbankan, BI, dan lain sebagainya kenapa uangnya selalu siap. Tetapi kalau untuk urusan orang kecil selalau saja mengatakan tidak ada uang,” ujar Firman.


(ROS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA