Cara Pemerintah Mewujudkan Indonesia Bebas Anak Jalanan

Riyan Ferdianto    •    Minggu, 27 Nov 2016 11:27 WIB
anak-anak
Cara Pemerintah Mewujudkan Indonesia Bebas Anak Jalanan
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa -- ANT/FB Anggoro

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini, ada 33.400 anak jalanan di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah. Beberapa upaya dilakukan pemerintah untuk menyelamatkan anak-anak tersebut dari jalanan.

"Kementerian Sosial bekerjsama dengan Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Kami juga merangkul panti-panti," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat deklarasi Indonesia Bebas Anak Jalanan 2017 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (27/11/2016).

Kemensos, lanjut Khofifah, juga menyiapkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Kedua kartu tersebut untuk menjamin pendidikan dan kesehatan anak jalanan.

"Dengan KIP dan KIS, anak jalanan dipastikan bisa kembali ke lingkungan yang lebih kondusif untuk keberlanjutan kehidupan mereka," ujar Khofifah.

Mensos berharap, lembaga swadaya masyarakat ikut membantu mewujudkan Indonesia Bebas Anak Jalanan 2017. Sehingga, seluruh anak-anak Indonesia bisa berada di rumah, bukan di jalanan.

"Kita berharap bersinergi dengan NGO, bersama-sama mengajak anak-anak (jalanan) kembali ke rumah," tutur Khofifah.

(Baca: Mensos Deklarasikan Indonesia Bebas Anak Jalanan 2017)


(NIN)