Pemerintah Harus Jelaskan, Siapa Siti Aisyah

Renatha Swasty    •    Jumat, 17 Feb 2017 17:50 WIB
pembunuhan kim jong-nam
Pemerintah Harus Jelaskan, Siapa Siti Aisyah
Paspor Siti Aisyah

Metrotvnews.com, Jakarta: DPR meminta pemerintah segera memberi penjelasan soal siapa sebenarnya Siti Aisyah. Ini penting untuk memberikan ketenangan bagi warga Indonesia di luar negeri dan mencegah peredaran kabar bohong.

"Saya kira, otoritas Pemerintah Indonesia, kepolisian dan intelijen, segera memberi penjelasan tentang siapakah orang ini (Siti Aisyah)," kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Klik: Kim Jong-Nam Nikmati Hidup di Makau

Fahri menyebut, biasanya warga Indonesia di luar negeri bekerja di pabrik, perusahaan, atau pembantu rumah tangga. Kasus Aisyah berbeda, karena ada dugaan ia mata-mata Korea Utara.

Siti Aisyah ditangkap otoritas Malaysia karena diduga terlibat pembunuhan Kim Jong-nam, saudara tiri Kim Jong-un, pemimpin tertinggi di Korea Utara. Jong-nam diduga diracun di Bandara Kuala Lumpur, Senin 13 Februari.

Selain Siti Aisyah, pihak keamanan di Malaysia juga menangkap seorang pria warga Malaysia, dan seorang perempuan berpaspor Vietnam.

Klik: Istana Dalami Penangkapan WNI yang Diduga Bunuh Kim Jong-Nam

Dilansir BBC, Siti Aisyah, sebagaimana diungkapkan Kepolisian Kerajaan Malaysia, adalah perempuan kelahiran Serang, Banten, yang paspornya dikeluarkan Kantor Imigrasi Jakarta Barat. Ia diidentifikasi dari rekaman video pengawas di bandara.

Menurut Fahri, ada banyak warga Indonesia bekerja baik-baik di negara lain. Keterangan dari pemerintah terkait sosok Aisyah diyakini akan memberikan ketenangan kepada mereka.

"Jarang kita temukan orang Indonesia di luar negeri aneh aneh, jadi mafia," ujar Fahri.

Wakil Ketua Komisi I Meutya Hafid juga meminta Kementerian Luar Negeri dan Badan Intelijen Negara memberikan penjelasan terkait informasi Aisyah agen Korea Utara. "Jangan sampai ada berita hoax yang sengaja dibuat untuk mendiskreditkan Indonesia,” tandas dia.

 


(TRK)

KPK Tegaskan Penuhi Aspek Hukum dan Medis dalam Penanganan Novanto

KPK Tegaskan Penuhi Aspek Hukum dan Medis dalam Penanganan Novanto

12 minutes Ago

KPK menegaskan sudah bertindak sesuai prosedur terhadap Setya Novanto. 

BERITA LAINNYA