Tol Becakayu Bisa Digunakan Mulai Minggu Ini

Whisnu Mardiansyah    •    Sabtu, 17 Jun 2017 00:34 WIB
jalan tol
Tol Becakayu Bisa Digunakan Mulai Minggu Ini
Tol Becakayu ruas RS Harum-Sumber Artha di Jakarta, Jumat (16/6). Ruas jalan tol tersebut dibuka pada 18 Juni 2017 untuk mengurai kepadatan di ruas Jalan Kalimalang pada saat mudik Lebaran 2017. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean.

Metrotvnews.com, Jakarta: Proyek jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) siap digunakan sebagian menyambut musim mudik lebaran 2017. Rencananya, Minggu 18 Juni dini hari, jalur tol bisa digunakan pemudik dari arah Jakarta.

Jalur tol yang siap digunakan pemudik baru sepanjang 4,5 km. Dari arah Jakarta kendaraan roda empat diarahkan masuk ke jalur tol mulai dari sisi sebelah utara Rumah Sakit Puspa Harum, Pondok Gede, Jakarta Timur. Kendaraan akan diarahkan kembali keluar melalui ramp off atau exit toll di Pasar Sumber Arta, Kota Bekasi.

Dari pantauan Metrotvnews.com, persiapan jalan tol Becakayu yang akan dilalui pemudik hampir rampung. Dari titik pintu masuk tol dekat Rumah Sakit Puspa Harum lintasan jalan sudah dilapisi aspal. Penerangan jalan pun terpasang di sisi kanan bahu jalan.

Beberapa pekerja masih tampak memasang rambu-rambu penanda jalan. Untuk arah petunjuk exit toll dan batas kecepatan juga sudah terpasang. Sementara gerbang tol masih dalam tahap pembangunan.

"Penerangan jalan sudah rampung semua tinggal beberapa petunjuk jalan kita kebut pemasangan," kata Humas Waskita Karya Proyek Tol Becakayu, Sudirman kepada Metrotvnews.com, Jumat 16 Juni 2017.

Sudirman menyampaikan jika tol Becakayu hanya difungsikan sementara untuk mengurai kemacetan di arus mudik. Artinya, tol bisa digunakan secara fungsional belum operasional.

Dari arah Jakarta terdapat dua exit toll. Kendaraan bisa diarahkan keluar dekat Transmart Carrefour Pondok Gede dan keluar di Pasar Sumber Arta, Kota Bekasi.

Menghindari penumpukan kendaraan dari exit toll di dekat Pasar Sumber Arta, pihak pengelola tol bersama kepolisian dan Dishub Kota Bekasi akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Dari pantauan, jelang menuju Pasar Sumber Arta terjadi penyempitan jalan. Kata Sudirman, mulai besok akan diberlakukan sistem satu arah untuk kendaraan dari arah Jakarta.

Sementara, kendaraan dari arah Bekasi akan dialihkan belok kiri menuju Jembatan Caman menyusuri jalan disisi Kalimalang. Untuk kendaraan roda empat  langsung memasuki tol Becakayu ke arah Jakarta dari Curug dan keluar di exit tol dekat Rumah Sakit Puspa Harum sebelah selatan. Untuk tol Becakayu dari arah Bekasi menuju Jakarta baru bisa dioperasikan sepanjang 3,5 km.

"Dari arah Bekasi volume kendaraan tidak terlalu banyak," pungkas Sudirman.


(DEN)