Kemenristekdikti 10 Besar Instansi Pelayanan Publik Terbaik

Intan Yunelia    •    Jumat, 09 Nov 2018 16:43 WIB
pelayanan publik
Kemenristekdikti 10 Besar Instansi Pelayanan Publik Terbaik
Sekjen Kemenristekdikti, Ainun Na'im, Humas Kemenristekdikti/Adnan.

Jakarta:  Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menerima penghargaan ‘Top 10 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik’. Penghargaan ini detailnya mengenai  kecepatan dan kualitas Kemenristekdikti dalam menyelesaikan keluhan masyarakat.

“Kita termasuk yang terbaik lah menyelesaikan keluhan masyarakat dan menindaklanjuti aspirasi-aspirasi masyarakat,” kata Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Naim usai acara penyerahan penghargaan TOP 10 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, di Jakarta Convention Center, di Jakarta Pusat, Kamis 8 November 2018.

Ainun melanjutkan, laporan yang diterima Kemenristekdikti dalam setahun itu mencapai 30.000 laporan lebih. Laporan tersebut bisa kendala yang terjadi di perguruan tinggi maupun di lembaga dan kementerian.

“Itu hampir 100 persen sudah kita selesaikan,” ujar Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM ini.
?
Permasalahan yang ditemui dalam pelayanan publik ini pun bermacam-macam. Mulai dari kendala beasiswa mahasiswa hingga akreditasi kampus.

“Misalnya usulan kenaikan pangkat bagi dosen mereka minta penjelasan mengapa belum disetujui dan kita jelaskan. Kemudian beasiswa, pencairan beasiswa dan persamaan ijazah terus izin program studi baru dan juga perguruan tinggi baru, juga mengenai akreditasi,” terang Ainun.

Baca: Kerumitan Birokrasi Hambat Kemajuan Riset dan Penelitian

Perbaikan pun dari awal sudah dilakukan Kemenristekdikti, agar tingkat pelayanan publik lebih mudah untuk diakses masyarakat.

Salah satunya dengan menyederhanakan proses yang menjadi kendala pelapor. Kemudian mempercepat proses evaluasi yang sebelumnya hanya terbuka dua kali dalam setahun.

Sekarang kita buat sejauh mungkin continue jadi batch-nya diperbanyak, sehingga bisa lebih cepat,” papar Ainun.


(CEU)