Pembangunan Jembatan Trans Papua di Lokasi Penembakan Dihentikan

   •    Selasa, 04 Dec 2018 12:03 WIB
Pembunuhan Puluhan Pekerja di Papua
Pembangunan Jembatan Trans Papua di Lokasi Penembakan Dihentikan
Ilustrasi--Kendaraan melintasi ruas jalan trans Papua Barat yang melintasi hutan lebat di Teluk Bintuni-Manokwari, Papua Barat. (Foto: MI/Susanto)

Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghentikan sementara proyek pembangunan jembatan di lokasi penembakan puluhan pekerja di Distrik Yigi, Nduga, Papua. Penyelesaian pekerjaan menunggu situasi keamanan kembali kondusif.

"Atas kejadian ini seluruh pekerjaan kita hentikan di ruas ini sambil menunggu situasi kondusif sesuai rekomendasi Pangdam dan Kapolda Papua," ujarnya dalam Breaking News Metro TV, Selasa, 4 November 2018.

Basuki mengatakan titik penembakan berada di kilometer 103 proyek infrastruktur Trans Papua atau tepatnya di Kali Yigi dan Kali Aurak. Kawasan tersebut, kata Basuki, sesungguhnya sudah aman. Tidak ada penolakan dari pihak mana pun terkait pembangunan infrastruktur.

"Sosialisasi pekerjaan PT Istaka Karya sangat baik dengan warganya bahkan ( dengan pekerja) sudah menyatu. Informasi yang saya terima dari Kepala Balai Besar Jalan Papua, warga menjamin keamanan pekerja Istaka Karya," ungkapnya.

Ia menambahkan dalam proyek infrastruktur Trans Papua, ada 35 jembatan yang akan dibangun. 14 jembatan diatasi oleh PT Istaka Karya, 21 berada di tangan PT Brantas Abipraya.

Selama ini, kata Basuki, daerah rawan konflik berada di proyek PT Brantas Abipraya sehingga pengerjaan jembatan telah dihentikan sejak empat bulan lalu sampai ada rekomendasi terkait keamanan. 

"Saat ini TNI sudah mengirim pasukan untuk mengecek secara pasti jumlah korban dan peristiwa kejadian," pungkasnya.




(MEL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA