Pakai Cara Ini Kalau Mau Pengajuan Pinjaman Online Diterima

M Studio    •    Jumat, 22 Feb 2019 07:00 WIB
Pinjaman Online
Pakai Cara Ini Kalau Mau Pengajuan Pinjaman Online Diterima
Lembaga pinjam uang online yang aman biasanya melakukan proses verifikasi terlebih dahulu untuk menilai kelayakan kredit calon nasabah (Foto:Dok)

Jakarta: “Pinjam duit online cepat cair!” Begitu bunyi iklan layanan pinjaman online yang belakangan sedang menjamur di Indonesia. Memang, mereka menawarkan pinjaman dengan proses pengajuan dan pencairan yang mudah dan instan.

Tapi, bukan berarti setiap pengajuan akan disetujui begitu saja. Lembaga pinjam uang online yang aman biasanya melakukan proses verifikasi terlebih dahulu untuk menilai kelayakan kredit calon nasabah. Apabila dianggap tidak layak atau tidak memenuhi persyaratan, pengajuan calon debitur bisa tidak disetujui. Jadi meskipun berslogan “pinjam duit online cepat cair,” pengajuanmu tetap punya kemungkinan ditolak.

Untuk itu, penting untuk mengetahui trik-trik berikut, supaya pengajuan pinjamanmu disetujui oleh lembaga kredit yang dituju. Yuk, simak baik-baik!

Penuhi Terlebih Dahulu Persyaratan yang Tertera

Setiap lembaga pinjaman pasti memiliki persyaratan yang harus dipenuhi calon nasabah baik dari segi usia, penghasilan, maupun domisili. Misalnya, pinjaman online Kredivo yang memiliki persyaratan berikut:

1.    Berusia minimal 18 tahun
2.    Berpenghasilan minimum Rp3 juta per bulan
3.    Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Pulau Bali,  Malang, Makassar, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan Sukabumi

Setiap lembaga kredit online tentu memiliki syarat yang berbeda. Untuk itu, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan bahwa Anda bisa memenuhi persyaratannya. Atau sebaliknya, pengajuanmu malah akan terus ditolak.

Lengkapi Dokumen dan Pastikan Anda Memotretnya dengan Jelas

Seperti namanya, pinjaman online, proses pengajuan pinjaman juga dilakukan secara online. Biasanya Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen berupa bukti alamat (KK dan STNK), bukti penghasilan (rekening koran dan slip gaji) yang telah difoto. Kalau Anda mau pinjam duit online cepat cair, proses seleksi ini adalah hal yang harus diperhatikan. Sebab, lembaga pinjam online akan menyeleksi dokumen calon nasabah dengan teliti.

Untuk meminimalkan risiko dokumen tidak terbaca, maka Anda bisa memilih layanan pinjaman online yang menyederhanakan proses pendaftaran, seperti Kredivo yang memberikan opsi pendaftaran dengan cukup menyambungkan akun digital (akun e-commerce dan internet banking), sehingga Anda tak perlu memfoto dokumen-dokumen pendukung.

Pastikan Kondisi Keuangan dan Rasio Utang dalam Kondisi Sehat

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan bahwa kondisi keuanganmu sehat dan rasio utangmu masih terbilang normal. Hal ini penting untuk diperhatikan. Jika lembaga kredit konvensional mengandalkan skor kredit untuk memeriksa kelayakanmu, maka lembaga pinjaman online akan memeriksa kondisi keuanganmu terlebih dahulu.

Seperti Kredivo, misalnya. Dalam menilai kelayakan nasabah, Kredivo membangun teknologi penilaian kredit sendiri, yang mampu menghasilkan skor kredit seseorang berdasarkan jejak digital pengguna yang diproses dengan teknologi machine learning. Jejak digital tersebut bisa mencerminkan bagaimana aktivitas keuanganmu sehari-hari atau setiap bulannya.

Apabila keuanganmu terlihat lebih besar pasak daripada tiang, maka semakin kecil kemungkinan pengajuan pinjamanmu diterima. Rasio utang juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Idealnya, rasio utang tidak melebihi 30 persen penghasilan bulanan. Lebih dari itu, kondisi keuanganmu bisa dianggap tidak sehat, dan lembaga kredit online bisa-bisa malah menolak pengajuanmu. Jika Anda masih memiliki tunggakan utang, sebaiknya lunasi dulu utang tersebut dan tunda niat untuk mengajukan pinjaman lagi.

Pinjam duit online cepat cair memang bukan hanya slogan perusahaan belaka. Nyatanya, sudah banyak orang yang membuktikannya. Untuk itu, ikuti dulu beberapa cara di atas supaya pengajuanmu bisa diterima dengan mudah.  Jangan lupa juga untuk mengajukan pinjaman di lembaga kredit online yang terjamin keamanannya seperti Kredivo.

Kredivo merupakan layanan pinjam online yang memberikan limit kredit mencapai Rp30 juta, yang bisa digunakan untuk belanja di 200+ e-commerce rekanan Kredivo, dan dicairkan dalam bentuk dana tunai dengan proses pencairan instan. Transaksi di Kredivo terjamin keamanannya, karena Kredivo telah terdaftar di OJK dan menggunakan sistem enkripsi yang melindungi seluruh data nasabah.


(ROS)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA