Pakar Medsos, Nukman Luthfie Tutup Usia

Nur Azizah    •    Minggu, 13 Jan 2019 01:42 WIB
obituari
Pakar Medsos, Nukman Luthfie Tutup Usia
Pakar media sosial Nukman Luthfie. Foto: MI/Bary Fathahilah

Jakarta: Pakar media sosial Nukman Luthfie tutup usia. Nukman meninggal di usia 54 tahun di Yogyakarta, Sabtu 12 Januari 2019.

Kabar kepergian Nukman dibagikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi RI Rudiantara di akun twitternya. Nukman meninggal pada pukul 22.15 WIB.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Kita kehilangan sahabat yang senantiasa menyediakan dirinya untuk kepentingan bangsa. Semoga almarhum Chief Nukman Luthfie husnul khotimah. Teriring Al Fatihah bagi almarhum," kata Rudiantara dalam akunnya, @rudiantara_id.

Kabar duka juga disampaikan putri sulung Presiden ke-4 RI, Alissa Wahid di akun twitternya. Nukman akan dikebumikan di Kendal, Jawa Tengah.

"Innalilahi wa inna illahi ra jiun. Telah berpulang ke Rahmatullah, Pakde Nukman sekitar pukul 22.15 WIB di Yogyakarta," kata Alissa.

Sejumlah tokoh juga mengucapkan turut berduka atas kepergian Nukman. Dia dikenal getol mengajak masyarakat Indonesia untuk berbuat positif di media sosial.

"Pakde Nukman ... selamat jalan ya.. Semoga mendapat tempat yang selapang-lapangnya di sisi-nya," cuit pakar menggambar dan media sosial Dwi Sasono yang akrab disapa Anto Motulz.

Nukman Luthfie merupakan salah satu tokoh media sosial di Indonesia. Sempat memulai karir sebagai jurnalis, ia kemudian mendalami dunia internet setelah menjadi direktur pemasaran di Agrakom.

Nukman kemudian mendirikan Virtual Consulting, kemudian kerap menjadi pembicara dalam acara-acara bertema internet di Indonesia. Beberapa waktu lalu, ia juga mengatakan bahwa media sosial dan media daring lainnya bisa menjadi sarana bela negara, terutama bagi kalangan anak muda.

Ia mengajak masyarakat untuk menyebar konten positif di media sosial sebagai cara elegan untuk melawan propaganda kelompok radikal dan juga konten negatif lainnya, sekaligus menginspirasi orang lain.


(AZF)