Jokowi Berbagi Tips Memulai Usaha kepada Pensiunan

Damar Iradat    •    Rabu, 16 Jan 2019 13:35 WIB
presiden jokowi
Jokowi Berbagi Tips Memulai Usaha kepada Pensiunan
Presiden Jokowi berpidato di hadapan ASN dan pensiunan abdi negara/Medcom.id/Damar Iradat

Bogor: Presiden Joko Widodo berbagi tips memulai usaha kepada pensiunan aparatur sipil negara (ASN). Memulai usaha di masa pensiun bukan perkara mudah.

Pensiunan ASN harus memulai usaha di bidang yang sangat dekat dengan keseharian mereka. Misalnya, pensiunan di bidang kelautan dan perikanan bisa membuka usaha dengan objek utama ikan.

"Oleh sebab itu, bisnisnya jangan jauh-jauh dari situ karena ilmunya sudah kita ketahui, keseharian kita bergelut di situ, sehingga untuk memulai lebih mudah," ujar Jokowi saat bertemu ASN dan pensiunan abdi negara di SICC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 16 Januari 2019.

Baca: Jokowi Imbau ASN Bijak Kelola Uang

Presiden ketujuh Indonesia itu menyarankan hasil usaha dikemas dan dilabeli semenarik mungkin. Pembeli bakal memilih sesuatu yang menarik ketika pertama melihat.

Pensiunan yang mau memulai usaha juga harus pintar melihat pasar maupun memasarkan produknya. Mereka bisa memanfaatkan penjualan melalui e-commerce.

"Sekali lagi, bila ingin membuat produk, lihat pasarnya dulu. Karena yang paling sulit memasarkannya. Menjualnya harus betul-betul dilihat ke mana, di mana," beber pria yang bergelut di usaha mebel itu.

Baca: ASN Dituntut Adaptif

Jokowi juga menyarankan ASN dan pensiunan memulai usaha yang risikonya kecil. Salah satu usaha membuka usaha indekos.

"Risikonya juga enggak gede. Mendirikan kos-kosan ini pemasukannya ada, jelas tiap bulan atau tiap tahun, tapi nilai tambah bangunan itu pasti naik," ucap dia.

Pensiunan juga harus mencari rekan bisnis bila ragu memulai usaha. Namun, memilih rekan bisnis juga tak bisa sembarangan. Pengusaha harus mencari orang yang karakternya baik. Rekan bisnis juga harus sama-sama mau berkembang.


(OJE)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA