Antrean Online Terganggu, Kantor Imigrasi Buka Layanan Akhir Pekan

Faisal Abdalla    •    Selasa, 09 Jan 2018 15:59 WIB
pasporimigrasi
Antrean Online Terganggu, Kantor Imigrasi Buka Layanan Akhir Pekan
Petugas melakukan perekaman data pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Blitar, Blitar, Jawa Timur. Foto: Antara/Irfan Anshori.

Jakarta: Tim Intelijen Ditjen Imigrasi menemukan ada oknum yang membuat ribuan permohonan paspor fiktif. Akibat ulah itu, aplikasi antrean paspor online terganggu.

Untuk mengakomodir masyarakat yang membutuhkan pelayanan permohonan paspor, Ditjen Imigrasi meminta Kantor Imigrasi (Kanim) membuka layanan akhir pekan.

"Bagi masyarakat yang belum terlayani, bisa memanfaatkan pelayanan Sabtu-Minggu," ujar Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno kepada Medcom.id, Selasa, 9 Januari 2018.

Layanan akhir pekan, lanjut Agung, bisa dilakukan di kantor Imigrasi maupun di tempat lain seperti pusat perbelanjaan. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam menjangkau layanan imigrasi.

(Baca juga: Imigrasi Targetkan Daftar Tunggu Paspor Selesai Dua Minggu)

"Layanan walk-in akhir pekan bisa dilakukan di kantor maupun luar kantor. Contohnya minggu lalu Kanim Kelas I Khusus Jakarta Selatan menggelar walk-in di Mall Gandaria City," beber Agung.

Agung mengatakan tak ada perbedaan antara layanan sehari-hari di kantor Imigrasi dan layanan akhir pekan. Para pemohon bisa memperoleh paspornya dalam tiga hari kerja sejak penyerahan berkas, foto diri, serta rekam sidik jari.

"Kanim di DKI Jakarta sudah bekerja sama dengan kantor pos, jadi paspor pemohon bisa diantar langsung jika sudah selesai," kata Agung. 

(Baca juga: Ditjen Imigrasi Ancam Polisikan Pemohon Paspor Fiktif)
 


(REN)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

2 days Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA