10 ribu Peserta Senam Ramaikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional

Juven Martua Sitompul    •    Minggu, 12 Nov 2017 10:43 WIB
kesehatan
10 ribu Peserta Senam Ramaikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional
Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek saat memberi sambutan di peringatan HKN 2017. MTVN Juven

Jakarta: Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar senam peregangan di kawasan Bundarah HI. Kurang lebih 10 ribu peserta senam yang berasal dari berbagai instansi negara ikut meramaikan acara tersebut.

Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengatakan, peringatan HKN ini sebagai momentum pemerintah menggaungkan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) bagi semua komponen bangsa di seluruh Indonesia. Terpenting, mengajak seluruh masyarakat berprilaku sehat guna mencegah ancaman berbagai penyakit.

"Kami ingin agar masyarakat dapat berperilaku hidup sehat secara terus menerus dalam kehidupan sehari- hari," kata Nila saat memberi sambutan pada Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Bundaran HI, Jakarta, Minggu 12 November 2017.

Tema yang diusung Kemenkes pada peringatan HKN ke-53 kali ini yaitu 'Keluarga sehat, Indonesia sehat'. Tema ini sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan pada pentingnya peran keluarg dalam pembangunan kesehatan.

Menurut Nila, lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang agar memiliki kebiasaan, prilaku dan gaya hidup yang sehat. "Karena itu upaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat adalah dimulai dari lingkungan keluarga," tutur dia.

Selain itu, Nila menyatakan jika keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai dengan Undang-undang Nomor 36 tahun 2009. Untuk mendukung program tersebut, Kemenkes pun telah meneluarkan Permenkes Nomor 39 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik upaya kesehatan perorangan (UKP) maupun upaya kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambungan yang berfokus pada data dan informasi dari profil kesehatan keluarga," pungkas Nila.

Selain Nila dan jajarannya, acara ini pun dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla serta sejumlah perwakilan Kementerian dan lembaga lain. Tak hanya itu, perwakilan dari beberapa negara sahabat yaitu Kedubes Afganistan, Kedubes Laos, Kedubes Malaysia, Kedubes Venuzuela, dan Kedubes Ceko pun turut hadir dalam peringatan HKN ke-53 tersebut.


(SCI)

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

KPK akan Jemput Setnov dari RSCM?

56 minutes Ago

KPK diinformasikan akan menjemput Setya Novanto dari RSCM untuk dibawa ke Rutan KPK. Namun KPK …

BERITA LAINNYA