Fadli Zon Kritisi Pengangkatan Kembali Arcandra Tahar

Anindya Legia Putri    •    Senin, 17 Oct 2016 18:11 WIB
berita dpr
Fadli Zon Kritisi Pengangkatan Kembali Arcandra Tahar
: Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama Wamen ESDM Arcandra Tahar usai upacara pelantikan. Foto: ANT/ Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyoroti kembalinya Arcandra Tahar dalam kabinet sebagai Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Fadli beropini ada kesan dipaksakan dalam pelantikan Arcandra.

"Saya tidak tahu kenapa, kok dipaksakan Arcandra. Apa sih prestasinya? Coba kita lihat latar belakangnya. Menurut saya, ini adalah sebuah kesalahan. Karena dia adalah warga negara AS. Kemudian proses naturalisasinya saya kira tidak tepat. Tidak sesuai undang-undang, yang seharusnya memakan waktu 5 tahun. Kecuali ada jalur lain, naturalisasi atau anugerah. Tapi itu harus lewat DPR, tidak bisa menggunakan SK Menkumham. Terlalu banyak UU yang dilanggar," ujar Fadli, saat ditemui di Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Fadli pun mempertanyakan, bagaimana orang yang sudah di-reshuffle (diberhentikan), kembali diangkat. Ia menyayangkan langkah Presiden dalam pengangkatan Arcandra.

"Setelah saya periksa, dia biasa-biasa saja. Arcandra apa sih hebatnya? Kita bedah. Apa hebatnya? Menurut saya biasa-biasa saja. Masih banyak yang jauh lebih hebat daripada dia. Dan saya kira di kalangan dunia ESDM pasti diketahui, who is the best? Apakah dia yang terbaik? Biasa-biasa saja tuh. Coba saya ingin tahu. Dia punya paten? Semua orang bisa punya paten. Cuma 4-5 paten, satu perusahaan bisa 20 ribu paten. Jangan-jangan cuma korban informasi. Karena dia (Jokowi) tidak mengerti dunia ESDM, ketika disodori orang ini (Arcandra), merasa orang ini yang paling hebat," kata Fadli.

Sementara, soal Ignasius Jonan yang diangkat mengisi posisi Menteri ESDM, Fadli melihat terdapat kelebihan dari sikap tegas yang dimiliki mantan Menteri Perhubungan tersebut.

"Dia punya sikap, punya kalkulasi yang matang meski dia bukan dari dunia ESDM. Dia punya latar belakang manajemen dari bawah, PT KAI, dan sebagainya. Saya kira Jonan mungkin bisa lebih mudah beradaptasi," ucap Fadli.


(ROS)

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

56 minutes Ago

Agus menegaskan tidak bisa menjelaskan masalah teknis lebih detail. Karena hal itu, lanjut Agus…

BERITA LAINNYA