Sejumlah Kendala Petugas Damkar Jelang Lebaran

Sunnaholomi Halakrispen    •    Senin, 11 Jun 2018 16:15 WIB
Mudik Lebaran 2018
Sejumlah Kendala Petugas Damkar Jelang Lebaran
Ilustrasi pemadam kebakaran/Medcom.id/M. Rizal

Jakarta: Petugas pemadam kebakaran yang kebagian bersiaga menemukan beberapa kendala. Salah satunya, kekosongan rumah ketika peristiwa nahas terjadi.

Mereka kesulitan meminta izin pemilik rumah, meski memastikan mendahulukan pemadaman. "Karena orang pada pulang lampung, ada kebakaran di rumahnya dan kita padamkan itu orangnya tidak ada. Itu yang sulit," ujar Sekretaris BPBD Kota Tangerang Tihadi di Kantor BPBD Kota Tangerang, Senin, 11 Juni 2018.

Kesulitan lainnya ada pada akses jalan menuju lokasi kebakaran. Seringkali, mobil besar harus mencari alternatif jalan ketika lokasi kebakaran berada di gang kecil.

"Ke lokasi tempat kebakaran itu sulit dijangkau. Kadang-kadang kan kebakarannya di sana, penontonnya yang ramai sampai jarak jauh gitu," ucap dia.

Tidak jarang petugas berpapasan dengan warga, terutama anak kecil yang tidak terlihat berada di sisi mobil pemadam. Kondisi itu membahayakan karena bukan tak mungkin warga terserempet mobil.

"Kan jadi masalah. Itu yang butuh kewaspadaan juga. Anak-anak kecil ada mobil beginian kan aneh ngeliatin jadi yang bikin lama tuh di situ," ucap Tihadi.

Ia mengakui kini sudah ada mobil pemadam kebakaran berukuran kecil. Namun, mobil besar masih sangat dibutuhkan guna menjangkau titik kebakaran agar api lekas padam.

"Makanya kita punya mobil kecil untuk menjangkau tempat-tempat gang-gang. Tapi juga itu sedikit isinya (air), hanya sementara upaya penyelamatannya," ucap dia.


(OJE)