Mendikbud Memilih Salat Idulfitri di Jakarta

Antara    •    Selasa, 12 Jun 2018 13:22 WIB
Ramadan 2018
Mendikbud Memilih Salat Idulfitri di Jakarta
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Medcom.id/Intan Yunelia.

Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy akan menunaikan salat Idulfitri di Lapangan Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

"Insya Allah pada hari pertama Lebaran, saya berada di Jakarta. Salat Idulfitri di lapangan kantor Kemendikbud, menyertai karyawan Kemendikbud yang tidak mudik," ujar Muhadjir di Jakarta, Selasa, 12 Juni 2018.

Dia menambahkan pada tahun ini dirinya tidak menjadi khatib.  Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini baru akan mudik ke Madiun, Jawa Timur, pada hari kedua Idulfitri.

Di Madiun, Muhadjir akan mengunjungi sanak saudara, terutama yang usianya lebih tua, dan
menerima kunjungan sanak saudara yang lebih muda.

"Saya selalu menyisihkan waktu berziarah ke makam orangtua dan nenek moyang asal garis keturunan saya. Mendoakan mereka," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir juga meminta agar masyarakat dapat memanfaatkan hari-hari terakhir Ramadan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.  Pada tahun sebelumnya, selain mudik ke kampung halaman, Mendikbud juga berkunjung ke pondok pesantren Tebuireng bertemu dengan Gus Sholah (Sholahuddin Wahid). Ia kemudian berziarah makam presiden keempat, Abdurrahman Wahid, atau yang dikenal dengan Gus Dur.
 


(CEU)