Tiang Pancang Monorel Mangkrak Bakal Dibongkar

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 22 Aug 2017 16:25 WIB
proyek lrt
Tiang Pancang Monorel Mangkrak Bakal Dibongkar
Tiang pancang proyek monorel berdiri di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.MI/Immanuel Antonius.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiang pancang proyek monorel yang mangkrak dipastikan akan dibongkar. Namun, pembongkaran masih dikoordinasikan dengan Kemenhub dan Pemprov DKI Jakarta.

"Rencana kita dibongkar, tapi menunggu proses," kata Corporate Secretary PT Adhi Karya Ki Syahgolang Permata kepada Metrotvnews.com di kantornya, Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa 22 Agustus 2017.

Syahgolang belum memastikan kapan proses pembongkaran tiang pancang dilakukan. Salah satu pembahasan yang dibahas dengan Kemenhub dan Pemprov adalah masalah ganti rugi tiang pancang.

Baca: Adhi Karya akan Bongkar Tiang Monorel di Rasuna Said

PT Adhi Karya sendiri tidak menggunakan tiang pancang monorel tersebut untuk proyek LRT tahap I yang terletak di Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan. Proyek LRT seksi Cawang-Dukuh Atas.

"Jalur (tiang pancang monorel) itu kan masuk ke dalam lintas layanan Cawang-Dukuh Atas," ujarnya.

Seperti diketahui, pembangunan proyek monorel berhenti sejak 2007. Sebanyak 90 tiang sudah berdiri sepanjang Jalan Rasuna Said dan Jalan Asia Afrika.

Baca: Jakarta Monorel Dipaksa Cabut 90 Tiang Pancang

Hingga saat ini Ortus Holding, pemegang saham mayoritas PT JM dan Adhi Karya masih terlibat dalam sengketa harga ganti rugi tiang pancang. PT Adhi Karya meminta Ortus melunasi pembayaran tiang senilai Rp193 miliar. Sedangkan, Ortus hanya bersedia membayar ganti rugi tiang sebesar Rp130 miliar.


(YDH)