Khazanah Teater Nusantara

Pelangi Karismakristi    •    Minggu, 10 Feb 2019 19:00 WIB
galeriindonesiakaya
Khazanah Teater Nusantara
Ilustrasi kesenian ludruk. (Foto: MI/ Rommy Pujianto)

Jakarta: Indonesia kaya akan jenis pertunjukan seni yang terbilang unik dan menarik. Bahkan ada juga yang menggunakan media lain untuk menunjukkan karakter cerita, namun terdapat pula yang masih menggunakan atribut tradisional dan menampilkan kisah klasik bergaya modern. 

Salah satunya adalah Teater Ludruk, yakni sebuah seni pertunjukan yang berasal dari Jawa Timur. Pertunjukan yang dimainkan sejumlah tokoh ini, biasanya menceritakan soal kehidupan sehari-hari, mengisahkan perjuangan dan lainnya. 

Menariknya lagi, pertunjukan ludruk ini diselingi dengan lawakan-lawakan yang akan mengundang tawa dari penonton. Inilah yang membuat orang tertarik untuk menonton ludruk.

Selain ludruk, ada juga sebuah komunitas seni pertunjukan bergaya modern Jakarta Performing Arts Community. Komunitas ini memadukan seni teater dan seni musik secara bersamaan.

Ada pula Flying Balloons Puppet yang dibuat di Yogyakarta pada 5 Januari 2015 lalu. Grup teater ini sangat identik dengan boneka-bonekanya. Teater ini terbentuk untuk menyalurkan kreatifitas dalam teater boneka.

Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Simak selengkapnya dalam program IDEnesia episode Khazanah Teater Nusantara, Minggu 10 Februari 2019 pukul 21.30 di Metro TV.



(ROS)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

3 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA