3 Indikator Kesuksesan Mudik 2017

M Rodhi Aulia, Cahya Mulyana    •    Jumat, 07 Jul 2017 06:06 WIB
mudik lebaran 2017
3 Indikator Kesuksesan Mudik 2017
Arus mudik di Pelabuhan Merak beberapa waktu lalu. Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Musim mudik Lebaran 2017 usai. Pemerintah mengklaim pengelolaan mudik kali ini mendapat penilaian positif dari publik.

"Kami pantau sentimen publik cukup positif. Pengelolaan mudik kemarin sangat berhasil," kata Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki di Ruang Utama KSP, Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 6 Juli 2017.

Teten mencatat terdapat 19 juta jiwa yang bergerak dari satu titik ke titik lain. Baik jalur darat, laut, maupun udara. Teten mengapresiasi kerja sama antarkementerian dan lembaga termasuk Polri dalam menyukseskan arus mudik dan balik 2017.

Teten mencatat ada tiga indikator kesuksesan pengelolaan mudik kali ini. Pertama, menurunnya angka kecelakaan di tengah peningkatan pemudik. Kedua, menurunnya angka percaloan yang mendekati 0%. Dan ketiga, menurunnya pemudik yang mengalami sakit selama liburan.

Meski demikian, Teten mengatakan pemerintah tetap membutuhkan masukan, terutama masyarakat. "Agar pengamanan dan pengelolaan musim mudik di masa mendatang lebih baik lagi."

Pemerintah ingin prestasi sukses penyelenggaraan angkutan Lebaran 2017 terulang lagi di 2018. Sejumlah strategi telah disiapkan.

"Kita ingin memperbaiki (penyelenggaraan angkutan Lebaran 2017) karena apa yang kita lakukan masih ada celah," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Perbaikan yang akan dilakukan adalah sarana, seperti mengoptimalkan moda pesawat di tengah pertumbuhannya yang sangat tinggi, yakni 10%.




(UWA)