Menhub: Bandara Soetta Peringkat 40 Terbaik Dunia

Farhan Dwitama    •    Minggu, 17 Sep 2017 12:02 WIB
transportasi
Menhub: Bandara Soetta Peringkat 40 Terbaik Dunia
Menhub Budi Karya Sumadi, Presedir PT Angkasa Pura II M. Awaludin dan Meneg BUMN Rini Soemarmo dalam kesempatan menjajan skytrain Bandara Soekarno Hatta, Minggu 17 September 2017 - MTVN/Farhan Dwitama

Metrotvnews.com, Tangerang: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim, Bandara Soekarno Hatta menempati posisi 40 bandara terbaik di dunia. Sebelumnya, bandara yang terletak di Kota Tangerang itu berada di posisi 64 bandara terbaik.

"Selamat juga untuk Bandara Soekarno Hatta yang telah berhasil meraih peringkat 40 dari peringkat sebelumnya 64 sebagai bandara terbaik di dunia," kata Budi Karya, saat meresmikan pengoperasian Skytrain atau Automatic People Mover System (APMS) di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Minggu 17 September 2017.

Budi Karya mengaku berbahagia dengan peluncuran skytrain Bandara Soekarno Hatta. Apalagi peresmian itu bertepatan dengan hari bakti Perhubungan.

"Angkasa Pura II memberikan baktinya kepada negeri ini dengan skytrain," ucap Budi Karya.

Baca: Skytrain Bandara Soetta Resmi Beroperasi

Menurut Budi, Bandara Soekarno Hatta sebagai show case Indonesia, harus terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam segala aspek. Budi Karya berharap, Bandara Soekarno Hatta sebagai show case Indonesia mampu meraih peringkat menjadi 20 besar Bandara terbaik Dunia.

"Kita targetkan tahun depan di bawah rangking 20, hari ini sudah cukup baik menjadi 40 besar," terang Budi. 

Dengan peringkat terbaik ini, dia menginginkan adanya peningkatan jumlah wisatawan asing yang bertandang ke Indonesia. Selain dia juga berharap warga domestik juga bepergian ke luar kota dengan pesawat. 

"Jadi yang di dalam Kota yang ingin mudik tidak disibukkan dengan kendaraan-kendaraan yang menumpuk di jalan-jalan," ucap Budi. 

Sementara Menteri Negara BUMN, Rini Soemarno, dalam sambutanya mengucapkan selamat hari Bakti kepada Kementerian Perhubungan. Rini mengaku bersyukur dan bangga BUMN bisa memberikan hadiah bagi Kementerian Perhubungan dengan hadirnya Skytrain di Bandara Soekarno Hatta.

"Saya ucapkan Selemat hari bakti perhubungan, saya bersyukur dan bangga BUMN  bisa memberikan hadiah bagi Kementerian Perhubungan," lanjut dia.

Menurut Rini people mover atau skytrain ini adalah yang pertama di Indonesia yang dikerjakan bersama-sama antara pihak BUMN dengan swasta Asing.

Dia juga berharap selain jalinan kerja sama antara Badan usaha milik negara dengan swasta, pihaknya juga menginginkan peningkatan kerja sama BUMN dengan Kementerian Perhubungan, Khususnya dalam membangun moda transportasi massa. 

"Sinergi antara BUMN tapi juga dengan Kemenhub, saya ingin kerja sama ini bisa membuat public transportasi kita bisa menjadi lebih baik," kata Rini.


(ALB)