Media Indonesia Ingin Cetak Calon Wartawan Berkualitas

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 05 Sep 2017 11:55 WIB
media indonesia
Media Indonesia Ingin Cetak Calon Wartawan Berkualitas
Pelatihan 100 anak SD tentang jurnalistik - MTVN/ M Sholahadhin Azhar,

Metrotvnews.com, Jakarta: Media Indonesia menggelar pelatihan pada 100 anak SD dalam program Repoter Cilik. Pelatihan untuk mendidik anak-anak menjadi calon wartawan berkualitas. 

"Kita berusaha mendidik anak-anak menjadi lebih tangguh, memberi pengalaman bagaimana sih jadi wartawan itu. Kalau jadi wartawan, anak-anak baru itu kalau enggak kuat mental langsung enggak mau lagi," kata Dirut Media Indonesia Firdaus Dayat di Lobi 3 MI, Kedoya, Jakarta Barat, Selasa 5 September 2017.

Firdaus menyebut, profesi jurnalis sangat istimewa. Wartawan adalah penulis yang melihat gerak dunia dengan sudut pandang kritis. Tapi, itu harus dilakukan dengan kuat mental dan semangat. "Mudah-mudahan adik-adik ini amanat dan mengikuti secara serius."

Sebanyak 100 anak yang mengikuti program Reporter Cilik disaring dari 100 sekolah di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur. Dari 2.500 tulisan yang masuk, sebanyak 100 anak dipilih. 

Hari ini, sebanyak 50 anak mengikuti pelatihan. Sementara, 50 anak lagi akan diberikan pelatihan pada Kamis, 7 September 2017. 

Mereka akan diberikan pelatihan oleh wartawan Media Indonesia. Adapun, mereka akan diberikan pelatihan soal prinsip 5W + 1H (What, Who, When, Where, Why, dan How) dalam membuat berita dan penyusunan kalimat agar tak melompat dan keluar konteks. 

Reporter Cilik Media Indonesia merupakan program edukasi yang bertujuan untuk memberikan wawasan serta pengalaman di dunia jurnalistik. Program ini lahir dari pengembangan konten halaman Media Anak yang khusus terbit di harian Media Indonesia untuk memberikan informasi dan edukasi seputar dunia anak Indonesia. 

Program Reporter Cilik Media Indonesia diharapkan mampu menumbuhkan minat anak-anak Indonesia dalam bidang Jurnalistik sedari dini. Melalui Reporter Cilik ini, merupakan salah satu wujud komitmen Media Indonesia sebagai salah satu media nasional terbesar di Indonesia untuk berperan aktif mencerdaskan anak bangsa.
 


(REN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA