Produk Farmasi Disebut tak Wajib Bersertifikat Halal

Faisal Abdalla    •    Selasa, 06 Feb 2018 13:46 WIB
izin edar obat
Produk Farmasi Disebut tak Wajib Bersertifikat Halal
Direktur Corporate Communication PT Pharos Indonesia Ida Nurtika. Foto: MTVN/Faisal

Jakarta: PT Pharos mengakui belum mengantongi sertifikat halal dari MUI untuk produk Viostin DS. PT Pharos menyebut produk farmasi tak wajib memiliki sertifikat halal.
 
"Sebetulnya kalau industri farmasi tak ada keharusan untuk sertifikasi halal untuk obat-obatan," ujar direktur Corporate Communication PT Pharos Indonesia, Ida Nurtika, saat konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Februari 2018.
 
Meski begitu, Ida mengklaim PT Pharos telah mengurus sertifikasi halal untuk semua produk-produknya, termasuk produk Viostin DS. Namun, proses itu terhambat akibat kasus temuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait kandungan babi dalam produk suplemen tersebut.
 
"Sudah dilakukan persiapan (sertifikasi halal) sejak pertengahan tahun lalu. Tetapi, dengan adanya kasus ini, sementara kami hold dulu. Prosesnya akan tetap berjalan tanpa produk Viostin DS," imbuh Ida.

Baca: PT Pharos Bantah Viostin DS Mengandung Babi

Ida membantah produknya mengandung babi. Ia mengklaim Viostin DS menggunakan bahan baku chondroitin sulfate yang terbuat dari sapi.
 
Pemasok bahan baku tersebut berasal dari Spanyol yang telah mengantongi sertifikat halal dari Halal Certification Services (HCS). HCS adalah badan sertifikasi halal yang telah diakui oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Adapun bahan baku bets produk yang diuji oleh BPOM, menurut Ida, telah tercemar.
 
Meski mengaku produk yang bahan bakunya tercemar DNA babi, PT Pharos Indonesia tetap menarik seluruh produk Viostin DS dan menghentikan produksinya.
 
"Kami menyesalkan kejadian ini. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Concern kami saat ini bagaimana kami bisa memberikan rasa peduli kami dan kenyamanan pada konsumen supaya tenang dan nyaman," katanya.




(FZN)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

3 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA