Pemerintah Diminta Tegas pada Pengibar Bendera Tiongkok di Ternate

Nur Azizah    •    Selasa, 29 Nov 2016 07:03 WIB
tiongkok
Pemerintah Diminta Tegas pada Pengibar Bendera Tiongkok di Ternate
Mayor Jenderal TNI (Purn) Kivlan Zen. Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zein meminta pemerintah tegas pada pengibar bendera Tiongkok di Pulau Obi, Ternate, Maluku Utara. Seharusnya, kata dia, Polisi Militer Indonesia menangkap pengibar bendera.

Menurut dia, berkibarnya bendera Tiongkok pada Jumat, 25 November 2016 kemarin, menandakan Negeri Tirai Bambu telah datang di Indonesia. Kivlan menyayangkan TNI tak bersikap tegas. 

"Cina daratan sudah siap untuk take over Indonesia. Sampai mereka masuk di Pulau Natuna mereka nyatakan hegemoni. Siapa yang lewat harus lapor ke pemerintah daratan Cina," kata Kivlan di Kantor HMI, Jakarta Selatan, Senin (28/11/2016).

Ia tak ingin, kejadian ini terus berlanjut. Kivlan khawatir Indonesia menjadi seperi Singapura. "Orang melayu di Singapura di-take over oleh China.

Sebelumnya, Kepala Sub Dinas Penerangan Umum Dispenal Kolonel Laut Heddy Sakti menjelaskan, masyarakat dan aparat sudah bergerak cepat. Begitu melihat bendera Tiongkok berkibar, mereka langsung meminta agar bendera tersebut segera diturunkan.

Pengibaran bendera asing di tanah air itu telah melanggar Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1958 tentang Lambang Negara. Bendera Tiongkok itu dikibarkan sejajar dengan bendera Merah Putih. 

Menurut Heddy, bendera Tiongkok memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang Merah Putih. Bendera Tiongkok itu berkibar di dua tempat di Pulau Obi yakni di Dermaga dan lokasi peresmian Ground Breaking Ceremony Projek Smelter PT Wanatiara Persada sekitar pukul 10.00 WITA.

Setelah berdialog dengan perusahaan, bendera Tiongkok kemudian diturunkan sesuai prosedur dengan tidak boleh menyentuh tanah. PT Wanatiara Persada yang bertanggung jawab atas kejadian itu meminta maaf karena pengibaran pengibaran bendera China itu. 



(OGI)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

41 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA