BNPB Targetkan 25 Juta Orang Berpartisipasi dalam HKB

Dian Ihsan Siregar    •    Minggu, 15 Apr 2018 10:33 WIB
bencana
BNPB Targetkan 25 Juta Orang Berpartisipasi dalam HKB
Ketua BNPB Williem Rampangilei/Medcom.id/Dian Ihsan

Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyosialisasikan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB). BNPB menarget puluhan juta jiwa bisa berpastisipasi tahun ini.

‎"Diharapkan sosialisasi ini mampu menjaring partisipan HKB menjadi 25 juta jiwa di tahun 2018," kata Ketua BNPB Williem Rampangilei dalam sossialisasi di area car free day (CFD), Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 15 April 2018.

Setidaknya, 1.000 orang diklaim menghadiri sosialisasi. Mereka diberikan penjelasan detail soal kesiapsiagaan bencana di booth medis.

Pencanangan HKB melalui aksi kesiapsiagaan bakal dilangsungkan setiap 26 April. Pemilihan waktu merupakan tanggal disahkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Terbitnya UU terrsebut berdampak pada perubahan besar paradigma dalam penanggulangan bencana. Penanggulangan yang awalnya responsif berubah menjadi preventif.

Williem menjelaskan, selain meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan individu, edukasi juga bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat dalam menghadapi risiko bencana.

"juga untuk meningkatkan partisipasi dan membangun budaya gotong royong, kerelawanan serta kedermawanan para pemangku kepentingan baik di tingkat pusat maupun daerah, menuju Indonesia Tangguh Bencana," ucap dia.

BNPB menggandeng kementerian/lembaga serta pegiat kemanusiaan baik organisasi maupun individu dalam sosialisi.


(OJE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA