Dini Hari, Sejumlah Wilayah Jakarta Timur Tergenang

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 16 Feb 2017 03:03 WIB
banjir
Dini Hari, Sejumlah Wilayah Jakarta Timur Tergenang
Dampak luapan Sungai Ciliwung di Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur. (Twitter BPBD DKI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah wilayah Jakarta Timur yang dialiri Kali Ciliwung mulai tergenang. Air telah memenuhi jalan-jalan dan kawasan pemukiman warga.

Dari pantauan akun Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta air menggenangi kawasan pemukiman di wilayah Kelurahan Kampung Melayu dan Kelurahan Bidara Cina sekitar pukul 02.10 WIB dini hari. Selain itu di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur tercatat adanya genangan air ketinggian 10 sentimeter sampai 40 sentimeter, akibat luapan Sungai Ciliwung. Luapan Sungai Ciliwung pun menggenangi kawasan di Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan.

Untuk mengantisipasi luapan Kali Ciliwung, petugas BPBD mendirikan tenda pengungsian di Kelurahan Cawang, Jakarta Timur.  Beberapa petugas dari Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta tampak berusaha menangani genangan.

Dari laporan BPBD, sejumlah sungai dan pintu air di Jakarta berstatus siaga pada pukul 01.00. Pintu Air Katulampa ketinggian 70 cm siaga 4. Depok 190 cm siaga 4, Manggarai 765 cm siaga 3, Karet 470 cm siaga 3, Krukut Hulu 150 cm siaga 3, Pesanggrahan 125 cm siaga 4, Angke Hulu 150 cm siaga 3, Waduk Pluit 175 cm, Pasar Ikan 175 cm siaga 3, Cipinang Hulu 130 cm siaga 4, Sunter Hulu 155 cm siaga 3 dan Pulogadung 370 cm siaga 4. 

BPBD DKI Jakarta pun menghimbau kepada para camat dan lurah yang daerahnya rawan banjir untuk mengantisipasi dengan menyiagakan PPSU dan segera menindak lanjuti genangan.


(LDS)