Komisi IV DPR Setujui Pagu Anggaran KKP

Anggitondi Martaon    •    Senin, 17 Oct 2016 18:29 WIB
berita dpr
Komisi IV DPR Setujui Pagu Anggaran KKP
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron. Foto: MI/ Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi IV DPR RI menyetujui pengajuan anggaran yang diusulkan Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) dalam RAPBN 2017 sebesar Rp10.079.423.585.000. Anggaran tersebut berkurang dari usulan awal ‎sebesar Rp9.278.045.839.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI H‎erman Khaeron mengatakan, pengurangan anggaran tersebut dilakukan sebagai bentuk penyesuaian yang dilakukan oleh pemerintah. ‎Total penghematan yang dilakukan sebesar Rp801.377.666.000.

Penghematan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam anggaran cadangan oleh KKP. "Kami apresiasi kalau anggaran ini menjadi anggaran cadangan‎," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron, di Gedung Kura-Kura Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Politikus Demokrat itu menyampaikan, penerapan anggaran ini juga diterapkan oleh mitra kerja Komisi IV lainnya, yaitu Kementerian Pertanian (Kementan).

"Seperti di Kementan, meski subsidi pupuk dipotong Rp3,5 triliun atau subsidi 1.000 ton untuk pupuk urea, tetapi itu dianggarkan," ungkap dia.

Lebih jauh, Herman mengatakan, sistem anggaran cadangan ini diterapkan diberlakukan akibat kondisi perekonomian yang masih belum stabil. 

"Ini yang saya kira maklumi karena situasi optimisme pada tahun sebelumnya dalam rangka penetapan anggaran secara makro,  terkoreksi sampai hari ini," ucapnya.

Ke depannya, anggaran cadangan tersebut nantinya akan dibahas kembali dalam pembahasan APBN Perubahan. Apabila pendapatan pemerintah membaik, maka anggaran cadangan tersebut akan dimasukkan ke dalam APBN Perubahan.

"Sama dengan Perikanan (Kementerian Kelautan dan Perikanan) kita pangkas semua, tapi kalau kemudian dalam APBN Perubahan ‎pendapatan fiskal mengalami perbaikan maka akan kita masukkan kembali," ujarnya.


(ROS)