Indocement Awards, Kompetisi Bergengsi dengan Juri Kompeten

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 18 Oct 2016 22:48 WIB
indocement awards
Indocement Awards, Kompetisi Bergengsi dengan Juri Kompeten
Juri Indocement Awards 2016 (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagai tahapan penjurian telah dilewati para peserta Indocement Awards 2016, hingga akhirnya mereka mencapai final presentation yang merupakan tahap akhir penjurian, pada Selasa (18/10/2016) di Hotel Shangri-La Jakarta.

Berbagai juri dari latar belakang akademis dan profesional menjadi penyeleksi para peserta yang kini hanya menyisakan delapan peserta dalam kategori Architectural Design Competition, 10 peserta dalam Writing Competition, 10 peserta Indocement Contractor Award, dan 12 peserta dalam kategori Indocement Developer Award.

Dijelaskan oleh Kordinator Sepection Team Indocement Awards Rio Budi Prasetya, bahwa juri yang dihadirkan oleh Indocement Awards adalah juri yang memiliki kapabilitas serta komitmen yang tinggi. Para juri tersebut yaitu Prof. Ir. Iswandi Imran, MA.Sc., Ph.D dari Institut Teknologi Bandung, Dr. Ir. Dradjat Hoedajanto, Ph.D dari
Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia, Prof. Ir. M. Danisworo M.Arch., MUP., Ph.D dari Institut Teknologi Bandung, Dr. Ir. Eko D. Heripoerwanto dari Ali Tranghanda Indonesia Property Watch , Dr. Ida Ruwaida, M.Si dari MCP KemenPUPR, dan Eko Alvares Z Architect, dan beberapa lainnya.

"Komitmen juri tidak pernah berubah. Sangat konsisten. Kita juga berterimakasih di sela-sela jadwal yang padat mereka masih konsisten meluangkan waktu untuk Indocement Awards 2016," ucap Rio.

Bagi para juri, Indocement Awards sendiri dinilai sebagai kompetisi bergengsi  di bidangnya. Serta sebagai wadah untuk membantu pemerintah dalam mengupayakan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

"Negara ini butuh kontribusi dari berbagai kalangan. Membicarakan pembangunan yang berkelanjutan, peran utamanya partisipasi Warga negara, bentuk partisipasi salah satunya ya writing competition ini. Karena melalui tulisan banyak yang memberikan gagasan kreatif untuk memberikan terobosan baru dalam pembangunan yang kini tengah berjalan Ini harus difasilitasi," ujar Ida Nurwaida, ketua tim juri Writing Competition.

Sedangkan juri dari Design Competition, Eko Alvarez, menyampaikan bahwa Indocement Awards adalah wadah yang baik. Bagaiman dapat melihat proses peserta dari awal yang memberikan banyak kemajuan dengan hasil karyanya, serta memberikan kesempatan untuk mahasiswa, dan membuat peluang baru memunculkan calon arsitek yang handal.

Eko pun turut menyampaikan bagaimana komponen penjurian hingga akhirnya menentukan siapa peserta terbaik dalam kategori Architectural Design Competition. "Kami melihat landasan atau ide Nusantara para peserta yang ditransformasikan dalam keadaan sekarang, lalu kebebasan yang original yang baru, dan ide tersebut harus dapat dibangun bukan hanya gagasan saja. Karena untuk design competition konsep nya yakni bagaimana membuat rumah modern tapi terinspirasi dan transformasi dari aspek nusantara," ujar Eko.

Untuk kategori Indocement Developer Award, Mohammad Danisworo, menyampaikan bahwa penilaian dilihat dari berbagai aspek yakni terkait produk yang dihasilkan apakah mengalami kualitas peningkatan, bagaimana fungsinya, bagaimana peserta memberikan kesan visual menarik, rasa kenyamanan saat tinggal, dan aspek yang berhubungan dengan lingkungan.

Danisworo berharap Indocement Awards dapat mendorong peserta berkompetisi, dan dapat meningkatkan kualitas dari produk yang dipakai masyarakat. "Ini adalah ide bagus. Indocement Awards diharap memeberikan dorongan lebih kompetitif kepada para peserta," jelas Danisworo.

Dan untuk juri Indocement Contractor Award, Iswandi Imran pun berharap agar kompetisi ini dapat mengembangkan inovasi dalam dunia konstruksi.

"Ajang seperti ini merupakan ajang yang sangat baik dan menjadi tantangan buat mereka yang berkiprah di industri konstruksi. Kemampuannya dapat dikembangkan dengan berbagai invoasi yang muaranya cost efektif. Adanya ajang ini menjadi objek dari pihak konstruksi untuk meningkatkan kemampuannya. Kalau mendapatkan award ini kan juga merupakan suatu kebanggaan dan acuan untuk pihak lainnya," kata Iswandi.


(ROS)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

13 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA