Pertemuan Jokowi-SBY Direncanakan Sebulan Lalu

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 27 Oct 2017 21:23 WIB
sbypresident joko widodo
Pertemuan Jokowi-SBY Direncanakan Sebulan Lalu
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (27/10). Foto: MI/Agus Mulyawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Istana Kepresidenan menampik pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dirancang mendadak. Pertemuan ini telah direncanakan sejak sebulan lalu.

"Rencana pertemuan dua tokoh ini, SBY dengan Presiden sudah digagas sejak sebulan yang lalu. Tapi, karena kesibukan masing-masing baik Pak Jokowi maupun SBY, maka pertemuan baru bisa dilaksanakan tadi," kata Staf Khusus Kepresidenan bidang Komunikasi, Johan Budi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 27 Oktober 2017.

Johan mengatakan, pertemuan Jokowi dan SBY berlangsung empat mata. Tak ada yang mendampingi keduanya saat pertemuan berlangsung.

Ia pun tak tahu detil pembicaraan antara Jokowi dan SBY. Namun ia memastikan, pembicaraan tersebut hanya seputar masalah kebangsaan serta isu terkini, seperti soal Undang-Undang Organisasi Masyarakat.

"Tadi saya sudah konfirmasi banyak hal yang dibicarakan, salah satunya tentang Perppu Ormas itu yang sudah jadi UU kan sekarang," pungkas dia.

SBY menemui Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, siang tadi. Pertemuan ini di luar agenda resmi Presiden. 

Pertemuan yang berlangsung selama satu jam ini diawali dengan berbincang santai di beranda belakang Istana Merdeka atau veranda talk. Setelah 10 menit veranda talk, keduanya menuju ruangan Jepara di Istana Merdeka untuk melanjutkan pembicaraan.

Sayangnya usai bertemu Presiden, SBY langsung meninggalkan Istana. Tak ada komentar apapun dari SBY dan Jokowi perihal pertemuan ini.



(INF)