Jokowi Desak PBB Sikapi Pengakuan Trump terhadap Yerusalem

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 07 Dec 2017 11:26 WIB
palestina israel
Jokowi Desak PBB Sikapi Pengakuan Trump terhadap Yerusalem
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Presiden Joko Widodo mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Dia meminta Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) segera bersikap. 

"Meminta PBB segera bersidang serta menyikapi pengakuan sepihak Amerika Serikat," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis, 7 Desember 2017.

Kepala Negara mengaku sudah mengutus Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi untuk membahas masalah ini. Retno akan membicarakannya dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan. 

"Memerintahkan Menteri Luar Negeri untuk memanggil Duta Besar Amerika Serikat untuk langsung menyampaikan sikap pemerintah Indonesia," jelas dia. 

Sebelumnya, Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan berencana memindahkan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. Proses itu segera dimulai. 
 
"Hari ini akhirnya kami menyadari hal yang nyata. Bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel. Ini tidak lebih dari sekadar pengakuan akan kenyataan dan tepat dilakukan," kata Trump di Gedung Putih.
 
Keputusan Trump berbalik dengan kebijakan luar negeri AS. 'Negeri Paman Sam' sempat menolak pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel sebelum konflik Israel-Palestina dapat diselesaikan.

Baca: Indonesia Kutuk Keputusan AS Akui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel
 
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengapresiasi penuh keputusan Trump. Dia bahkan mengajak negara-negara lain untuk mengikuti jejak AS.
 
Sementara itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengecam keras pengakuan dari Trump. Menurut Abbas, langkah itu melanggar seluruh aturan internasional.
 
Abbas menegaskan Yerusalem adalah ibu kota abadi dari Palestina. Rakyat Palestina, kata dia, tetap berjuang untuk mempertahankan Yerusalem serta kemerdekaan Palestina.





(OGI)

Opsi: Setnov Bicaralah! (2)

Opsi: Setnov Bicaralah! (2)

8 minutes Ago

Peradilan Setya Novanto ibarat drama hukum. Persidangan sempat diwarnai aksi bisu Setnov. Duduk…

BERITA LAINNYA