Sosialisasi Konstitusi Gugah Kesadaran Anak Muda untuk Tidak Golput

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 17 Apr 2018 11:10 WIB
berita kemenpora
Sosialisasi Konstitusi Gugah Kesadaran Anak Muda untuk Tidak Golput
Ilustrasi (Foto:Metrotvnews.com)

Jakarta: Tantangan besar yang dihadapi Indonesia saat ini dalam proses demokrasi adalah tingkat heterogenitas atau kebhinnekaan penduduk. Semakin tinggi tingkat  kebhinnekaan penduduk, maka semakin tinggi pula tingkat konflik yang akan muncul di tengah-tengah masyarakat. 

"Dari sudut pandang ini, heterogenitas Indonesia jauh lebih tinggi daripada negara lain," ucap Ketua MK Anwar Usman, dilansir Kemenpora.go.id, Selasa, 17 April 2018. 

Hal itu disampaikan Sekretaris Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Amar Ahmad mendampingi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, saat membuka Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Hak Konstitusional Warga Negara Bagi Pengurus Organisasi Kepemudaan Lintas Agama se-Indonesia di Pusdiklat MK, Aula Graha Konsitusi, Cisarua, Jawa Barat, Senin, 16 April 2018 malam. 

Anwar melanjutkan, jika disimak perubahan UUD 1945 pasca reformasi terdapat satu muatan yang sangat penting tentang hak asasi manusia yang tercantum dalam bab 10 A, bahwa negara bersungguh-sungguh ingin memberikan jaminan perlindungan hak konstitusional terhadap warga negaranya. Sejalan dengan itu, dibentuknya Mahkamah Konstitusi untuk mengawal perdamaian hak konstitusi nasional warga negara. 

"Oleh karena itu, dalam konteks ini Mahkamah Konsitusi bertugas untuk mengawal agar jaminan hak konstitusi warga negara dapat terjamin pelaksanaannya," ujarnya. 

Sementara itu, Amar Ahmad berharap melalui acara ini pemerintah dapat memberdayakan pemuda dalam mengembangkan potensi pemuda yang sangat besar. Menurut data tahun ini, pemilih remaja kurang lebih 10 juta orang.

"Karena itu kita dari Kemenpora tentu mengapresiasi acara yang dilakukan oleh MK ini. Karena dengan sosialisasi konstitusi akan membuka kesadaran anak muda untuk tidak menjadi golput (tidak menggunakan hak pilih)," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengajak kaum muda Indonesia untuk mendoakan kesuksesan Asian Games dan Asian Para Games 2018. 

"Saya juga mengajak anak muda untuk mendoakan Asian Games dan Asian Para Games 2018 agar sukses prnyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi, dan sukses administrasi," ucap Amar.


(ROS)