PT KCI Beli 356 KRL Hingga 2020

Fachri Audhia Hafiez    •    Kamis, 20 Dec 2018 15:42 WIB
krl
PT KCI Beli 356 KRL Hingga 2020
Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti (tengah) - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti mengungkapkan pihaknya tengah membeli kereta rel listrik (KRL) dari Jepang. Perusahaan akan menambah 356 KRL. 

"Sudah dimulai 2018 sudah datang 100 kereta, 2019 nanti sekitar 100, sisanya 2020. Total 356 KRL yang kami beli lagi dari Jepang ," ujar Wiwik usai konferensi pers di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Desember 2018.

Wiwik mengungkapkan keseluruhan anggaran untuk membeli KRL menggunakan anggaran investasi perusahaan. "Anggarannya anggaran investasi, dari KCI jadi kami mengajukan pinjaman ke bank untuk itu," beber dia. 

Saat ini KCI memiliki total 1.000 unit KRL dalam kondisi siap operasi maupun dalam perawatan. "Sekitar 936 kereta yang beredar terus," tutur dia. 

(Baca juga: Ada Hunian di Stasiun, Gerbong KRL Bakal Ditambah)

Dengan penambahan unit ini diharapkan mampu mengangkut penumpang lebih banyak. Sebab, KCI akan memperpanjang gerbong kereta dalam satu rangkaian. 

"Dari kereta-kereta itu, dipakai memperpanjang rangkaian. Sekarang kan ada delapan, 10 rangkaiannya akan dipanjangkan menjadi 12 rangkaian," tambah dia. 

Wiwik menyebut pihaknya sengaja membeli dari Jepang karena suku cadang dan kondisi rel di Indonesia sama dengan yang dimiliki di matahari terbit itu. 
"Lebar rel sama dengan Jepang, yang kami tahu pengelolaan commuter yang bagus ya Jepang," pungkas dia. 

(Baca juga: Penumpang di Stasiun Juanda Meningkat 10 Kali Lipat)




(REN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA