Wiranto Pastikan Indonesia Aman

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 29 Nov 2016 07:27 WIB
unjuk rasa
Wiranto Pastikan Indonesia Aman
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto (kanan) diwawancarai terkait pencalonan dirinya menjadi Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di Kantor Kemenkopolhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta. MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Aksi unjuk rasa pada 4 November lalu dan rencana aksi lanjutan pada 2 Desember mendatang tidak membuat keamanan nasional terganggu. Indonesia dipastikan dalam keadaan aman.

"Dapat saya katakan kondisi sekarang cukup aman, cukup kondusif. Memang ada di sana-sini (gangguan), tentu tidak bisa kita elakkan. Tapi saya bicara zona aman itu, karena ada indeks itu," kata Menkopolhukam Wiranto dalam program Primetime News, Metro TV, Senin (28/11/2016).

Wiranto merujuk pada sejumlah laporan dari berbagai daerah yang masuk dan juga indeks kerawanan pemilu (IKP). Wiranto merasa perlu merujuk laporan IKP karena bertepatan dengan proses pilkada serentak 2017.

"Tentu saja kita harus dengarkan semua,'' ucap dia.

Safari Presiden Jokowi ke berbagai instansi seperti ormas Islam, TNI/Polri, dan partai politik yang dilakukan secara intensif belakangan ini, lanjut Wiranto, bukan pertanda keamanan negara sedang terganggu. Hal ini sebagai langkah menjaga IKP, yang tidak ia rinci tersebut, agar tidak merosot.

"Dengan komunikasi ada satu pemahaman yang sama untuk kita menjaga keamanan nasional," ujar Wiranto.

Wiranto mengingatkan, menjaga keamanan nasional bukan hanya tugas aparat keamanan saja. Namun, juga tugas setiap masing-masing daerah dan kelompok masyarakat.

"Anjangsana atau pertemuan harus dilakukan bukan karena genting, tapi untuk menjaga zona keamanan supaya tidak naik lagi," ungkap dia.


(OGI)