Kalla Dorong Pemuda Muslim Berwirausaha

Dheri Agriesta    •    Minggu, 24 Jun 2018 22:12 WIB
jusuf kallaRamadan 2018
Kalla Dorong Pemuda Muslim Berwirausaha
Wapres menghadiri halalbihalal dan diskusi pemuda kebangkitan ekonomi Islam di Masjid Al Markas, Makassar - Medcom.id/Dheri Agriesta

Makassar: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak pemuda Islam menumbuhkan semangat wirausaha. Sebab, dinilai Kalla jumlah pengusaha tak seimbang dengan jumlah penduduk muslim di Indonesia.

Hal ini disampaikan saat menghadiri halalbihalal dan diskusi pemuda kebangkitan ekonomi Islam di Masjid Al Markas, Makassar. Kalla meminta pemuda memberdayakan masjid untuk memakmurkan masyarakat. 

"Kekurangan kita di bidang usaha harus diperbaiki segera, dan ini bisa diperbaiki di masjid," kata Kalla di Masjid Al Markas, Makassar, Minggu, 24 Juni 2018. 

Menurut Kalla, dulu Nabi Muhammad SAW juga menggunakan masjid untuk mengadakan sejumlah pertemuan. Sehingga masjid tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, melainkan tempat berdiskusi dan berbagi pengalaman.

Saat ini, ada banyak tokoh politik, pejabat, dan seniman dari kalangan muslim. Tapi, tak banyak tokoh ekonomi atau pengusaha yang terbilang sukses.

Padahal, berdagang merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. "Karena itu berdagang sunah rasul," kata Kalla. 

Kalla takjub dengan perkembangan agama di kalangan generasi muda. Seharusnya, tren keagamaan yang luar biasa itu juga diimbangi dengan tren ekonomi. Sehingga, perekonomian umat juga ikut terdongkrak. 

"Inilah kenapa masjid harua mendorong memakmurkan sebuah usaha. Supaya anak muda ini punya semangat (berwirausaha). Sekarang tidak bisa dibedakan lagi antara laki dan perempuan, semua punya kesempayan buat maju," pungkas Kalla. 

Kalla yakin generasi muda akan menjadi bagian dari kemajuan umat Islam. Ia mengingatkan tak ada negara yang maju tanpa perekonomian yang baik. 

"Tidak ada, kalau kita tangan di bawah terus bagaimana bisa maju, kita harus tangan di atas," pungkas Kalla.


(JMS)