Tito Minta Polri/TNI Didoakan agar Bisa Jaga NKRI

Arga sumantri    •    Rabu, 30 Nov 2016 11:59 WIB
nkri
Tito Minta Polri/TNI Didoakan agar Bisa Jaga NKRI
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kiri) dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo di silang Monas, Jakarta Pusat. Foto: MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyambut baik kegiatan Nusantara Bersatu yang digagas Panglima Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Tito menilai kegiatan tersebut baik untuk menunjukkan adanya persatuan bangsa.

Tito minta doa kepada seluruh masyarakat agar TNI dan Polri tetap bisa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Dengan segala Kebhinekaan dan perbedaannya," kata Tito di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016).

Tito meyakini, NKRI bisa terus utuh jika seluruh elemen bangsa terus mempererat tali persaudaraan dan menerima segala perbedaan. Keragaman yang ada bukan malah jadi pemecah, tapi justru harus jadi pemersatu bangsa.

"Perbedaan-perbedaan yang ada jadi kekuatan bagi kita, bukan untuk jadi pemecah," ujar Tito.

Isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sedang mengusik Indonesia. Hal itu dikhawatirkan menurunkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.


Doa bersama dalam rangka kesatuan NKRI di silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat. Foto: Arga Sumantri

Untuk menjaga kesatuan dan persatuan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menggagas acara Nusantara Bersatu. Acara ini berlangsung hampir di seluruh provinsi hari ini.

Selain Tito dan Gatot, hadir pula Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksamana, Kapolda Metro Jaya Irjen Mochammad Iriawan, dan Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono. Tampak juga para tokoh agama, seperti Ketua MUI Jawa Tengah Muhammad Luthfi bin Yahya alias Habib M. Lutfi, putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alais Yenny Wahid, dan sesepuh Majelis Rasulullah Habib Nabil Al Musawa.

Para tokoh bergiliran menyampaikan orasi kebangsaannya. Lagu-lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya, Tanah Air Ku, dan Merah Putih melantun merdu. Tak ketinggalan, kesenian dari berbagai berbagai daerah juga tampil memukau.


Doa bersama dalam rangka kesatuan NKRI di silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat. Foto: Arga Sumantri


(MBM)