Harkitnas Momentum untuk Memperhatikan Laut

Antara    •    Jumat, 19 May 2017 13:52 WIB
harkitnas
Harkitnas Momentum untuk Memperhatikan Laut
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Antara/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menilai Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei perlu menjadi memontum untuk lebih memperhatikan laut. Apa lagi, Konvensi Hukum Laut Internasional (UNCLOS) 1982 menetapkan Indonesia sebagai negara kepulauan.

"Dengan UNCLOS 1982 kami melihat Indonesia jadi satu negara utuh karena laut itu mempersatukan kita, bukan jadi batas," ucap Luhut di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Jumat 19 Mei 2017.

Menurut dia, visi Indonesia sebagai poros maritim dunia melalui program pendukung yang diusung Presiden Joko Widodo menjadi bukti perhatian pemerintah pada laut. Dia pun menekankan, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan 75 persen wilayah laut, Indonesia memiliki potensi kelautan fantastis untuk dijelajahi.

"Sudah waktunya kita sekarang memberikan perhatian lebih banyak lagi, bagaimana kita mengamankan laut, memelihara laut dan mengeksplorasi potensi laut kita dengan program-program berkelanjutan dan memperhatikan lingkungan," tutur Mantan Menko Polhukam itu.

Baca: Mengenal Tjokroaminoto, Sosok Pelopor Gerakan Nasional di Indonesia

Indonesia memperingati Harkitnas setiap tanggal 20 Mei, dengan merujuk pada berdirinya organisasi Budi Oetomo pada 1908. Kebangkitan Nasional merupakan masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan 350 tahun oleh Belanda.



(OGI)