Pos CPNS di KKP hanya untuk Lulusan Terbaik

Gabriela Jessica Restiana Sihite    •    Kamis, 14 Sep 2017 17:23 WIB
pendaftaran cpnsseleksi cpns
Pos CPNS di KKP hanya untuk Lulusan Terbaik
Ilustrasi. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ikut membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada periode II 2017. Namun, KKP hanya menerima CPNS yang mendapatkan penghargaan lima lulusan terbaik dari jurusan atau fakultas universitas masing-masing.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, pihaknya telah sepakat untuk menghapus syarat cumlaude untuk penerimaan CPNS KKP. Syarat itu diganti dengan predikat lima lulusan terbaik kampus.

"Jadi, kami mau menjaring lulusan-lulusan lima terbaik dari setiap jurusan, baik universitas maupun akademi. Jadi, bukan hanya cumlaude karena tidak semua universitas menerapkan sistem cumlaude," papar Susi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Untuk itu, para pelamar CPNS KKP 2017 wajib menyertakan surat rekomendasi atau penghargaan dari jurusan atau rektor universitas sebagai lima lulusan terbaik. Bila tidak menyertakan surat tersebut, para pelamar otomatis gugur di seleksi administrasi.

Pihaknya juga akan mengecek dari data yudisium setiap universitas untuk memverifikasi data peserta CPNS. Syarat ini terbuka untuk seluruh universitas di Indonesia maupun luar negeri dengan batasan akreditasi A dan B.

"Tidak ada lagi batasan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Yang penting menjadi lima terbaik dari jurusan atau fakultas atau universitasnya. Jadi, penerimaan ini terbuka, tapi tetap difilter," tukas Susi.

Baca: Waspada Penipuan Penerimaan CPNS 2017

Ia menjelaskan tujuan menerapkan syarat tersebut ialah untuk memastikan pegawai KKP merupakan sumber daya manusia yang unggul. Dengan begitu, Susi berharap kualitas pelayanan KKP meningkat dan ada percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan.

Sebagai informasi, pada periode II penerimaan CPNS ini, KKP membuka 329 formasi. Sebanyak 322 formasi untuk lulusan terbaik, 4 formasi untuk penyandang disabilitas, dan 3 formasi khusus untuk Papua dan Papua Barat.

Adapun jadwal pendaftarannya dibuka pada 11-25 September 2017 secara daring (online) dan seleksi administrasi diumumkan pada 30 September 2017. Setelah itu, CPNS yang lolos akan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) pada 9-20 Oktober 2017 dan seleksi kompetensi bidang (SKB) pada 25-30 Oktober 2017.




(UWA)