Ketua DPD: Pesantren Harus Jadi Garda Terdepan Tangkis Radikalisme

Anindya Legia Putri    •    Jumat, 19 May 2017 21:20 WIB
berita dpd
Ketua DPD: Pesantren Harus Jadi Garda Terdepan Tangkis Radikalisme
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (Foto:Dok.DPD RI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Oesman Sapta Odang menekankan pentingnya peran pesantren dalam hal pemberdayaan manusia, sekaligus menjadi garda terdepan untuk menangkis paham radikalisme dan trans-ideologi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Oesman saat memberikan pengarahan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) bertema "Menggairahkan Semangat Bela Negara," di Asrama Haji Jl Pondok Gede, Pinang Ranti, Jakarta Timur, Jumat, 19 Mei 2017.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua Umum Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Zaini Ahmad, yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ikhlas, Pasuruan, Jawa Timur.
 
"Kita semua merasakan, radikalisme dan trans-ideologi semakin menancapkan kukunya di Indonesia. Dan yang paling merisaukan, penganutnya adalah anak-anak muda yang terdidik. Mereka menjadi simpatisan, bahkan pengikut setia gerakan radikalisme," ujar Oesman yang akrab disapa Oso, dalam keterangan tertulis.
 
Oso mendukung berdirinya Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) sejak dulu. Sebab, ia menilai IPI memiliki dampak positif dalam kehidupan bermasyarakat.


(Foto:Dok.DPD RI)

"Banyak masalah dihadapi masyarakat daerah, seperti kemiskinan, kesenjangan, dan keamanan, yang mendorong kita untuk bergandengan tangan. Oleh karena itu, sejak awal saya mendukung berdirinya Ikatan Pesantren Indonesia, karena saya sangat menyadari posisi pesantren sebagai garda terdepan untuk menjawab tantangan yang kita hadapi," ucap Oso.
 
Oso pun berterima kasih kepada jajaran pengurus IPI karena diberi kesempatan bertatap muka dan bersilaturahmi dengan jajaran pengurus IPI dan keluarga besar pesantren Indonesia, sekaligus dapat menyampaikan berbagai masalah kebangsaan. Terutama agenda kemajuan masyarakat daerah.

"Kami di DPD RI ini tidak lepas dari  upaya memajukan daerah. Kita memiliki niat dan tujuan yang sama, yaitu memajukan masyarakat, khususnya di daerah," tutur senator asal Kalimantan Barat tersebut.


(ROS)

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

20 minutes Ago

Agenda sidang perdana ialah pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum pada KPK.
 

BERITA LAINNYA