Pembangunan Pelabuhan Teluk Bayur Terindikasi Tak Gunakan Dana Global Bond

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 19 Jun 2017 14:47 WIB
berita dpr
Pembangunan Pelabuhan Teluk Bayur Terindikasi Tak Gunakan Dana Global Bond
Pansus Pelindo II DPR RI meninjau Pelabuhan Teluk Bayur Padang. Foto: Dok. DPR

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Panitia Khusus (Panitia Khusus) Pelindo II Jhon Kenedy Azis mengunjungi Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat. Hal itu dilakukan untuk melihat sumber dana yang digunakan untuk membangun pelabuhan apakah menggunakan global bond.

"Untuk menyelidiki dan menindaklanjuti rapat-rapat, apakah di sini investasinya ada dari dana global bond," kata Jhon dalam keterangan tertulis, Senin 19 Juni 2017.

Berdasarkan keterangan dari direksi PT Pelindo II di Sumatra Barat, politikus Golkar itu menyampaikan bahwa pembangunan Pelabuhan Teluk Bayur tidak terindikasi menggunakan investasi dari dana global bond. Melainkan dari dana internal sendiri.
 
Seperti diketahui, saat ini Pansus tengah mendalami global bound yang dilakukan oleh Pelindo II. Perusahaan pelabuhan plat merah itu mendapatkan dana dari sindikasi-sindikasi loan yang begitu besar, senilai USD1,58 miliar atau setara Rp21 triliun.

Namun, hingga saat ini dana tersebut belum pernah digunakan untuk pembangunan pelabuhan. Oleh karenanya, informasi yang didapat oleh legislator asal daerah pemilihan Sumatera Barat II itu akan disampaikan dalam rapat Pansus nanti. 

"Mudah-mudahan kalau ada kesepakatan akan segera dibuat rekomendasi,” ujarnya.

 


(ROS)