KPK Terima Informasi Soal Sketsa Tiga Terduga Pelaku Penyerangan Novel

Damar Iradat    •    Selasa, 04 Jul 2017 02:49 WIB
novel baswedan
KPK Terima Informasi Soal Sketsa Tiga Terduga Pelaku Penyerangan Novel
Novel Baswedan. (ANT/Aprilio Akbar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan telah mendapatkan informasi dari kepolisian terkait sketsa wajah tiga terduga pelaku penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan. KPK akan terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengungkap kasus yang sampai sekarang belum terpecahkan.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, sketsa wajah tiga terduga pelaku telah diperlihatkan oleh kepolisian beberapa waktu lalu. Informasi itu merupakan perkembangan signifkan dalam kasus tersebut.

"Itu yang disebut tim dari polri bahwa ada perkembangan signifikan dari penanganan perkara," jelas Febri di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 3 Juli 2017.

KPK, lanjut Febri, akan terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk memantau hasil penyelidikan dari sketsa wajah tersebut. Polisi juga masih perlu mengonfirmasi sketsa tersebut kepada saksi-saksi.

Selain soal sketsa wajah tiga terduga pelaku, KPK dan kepolisian juga terus berkoordinasi terkait rencana pemeriksaan Novel di Singapura. KPK bakal melihat kondisi kesehatan Novel dan keputusan dokter yang merawat Novel di Singapura.

"Proses pemeriksaan tentu membutuhkan kesehatan dari pihak yang diperiksa, jadi kita perlu koordinasi," tutur dia.

Terkait tim Polri yang akan didampingi tim KPK, juga akan dibahas lebih lanjut. Ia menambahkan, secara prinsip KPK dan Polri sudah bertemu, ada komitmen yang tegas yang disampaikan oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian yang serius untuk mengungkap kasus ini.

Penyidik kepolisian mengantongi tiga sketsa wajah terduga pelaku penyerangan terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Namun tiga sketsa itu belum dikonfrontasi dengan saksi.

Namun, Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan memastikan sketsa wajah pelaku penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan akurat. Dengan adanya sketsa itu, penyidik diharap bisa menuntaskan kasus penyiraman air keras itu dengan cepat dan akurat.

"Cukup akurat, tapi kembali lagi yang sudah Kapolri dan saya sampaikan, harapan kita pengungkapan cepat," tutur dia.

Polisi merampungkan sketsa wajah penyerang Novel Baswedan. Tiga sketsa wajah berbeda yang didapat dari keterangan tiga saksi yang mengaku melihat terduga pelaku.

Tiga dari total 56 saksi memang mengaku pernah melihat terduga pelaku, antara lain di atas motor, di samping masjid, dan dekat jembatan sungai. Ada juga saksi yang mengaku melihat terduga pelaku di depan rumah Novel.


(DHI)