Pemerintah Diminta Sikapi Isu Gerakan Minahasa Merdeka

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 19 May 2017 11:01 WIB
berita dpr
Pemerintah Diminta Sikapi Isu Gerakan Minahasa Merdeka
Pengibaran bendera Merah Putih, salah satu lambang keutuhan NKRI (Foto:Metrotvnews.com/Rhobi Shani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah harus menyikapi secara tegas setiap gerakan maupun benih-benih separatisme yang mengancam keutuhan bangsa dan wilayah NKRI.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari, menanggapi isu Minahasa Merdeka yang ramai diperbincangkan di media sosial akhir-akhir ini.
 
"Hal ini agar isu itu tidak menular ke wilayah lain, dan menjadi gerakan yang masif," kata Abdul, dalam keterangan tertulis, Jumat, 19 Mei 2017.
 
Politikus F-PKS itu mendorong aparat keamanan, dalam hal ini TNI, Polri, dan BIN, untuk cepat mengungkap siapa dalang di belakang munculnya isu yang menuntut referendum lepasnya wilayah Minahasa, Sulawesi Utara. Abdul menduga, isu itu sengaja dihembuskan dengan memanfaatkan gejolak politik dan sosial yang terjadi saat ini.
 
"Saya menduga isu ini memang sengaja dihembuskan oleh pihak separatis Minahasa Merdeka dengan memanfaatkan sentimen masyarakat yang tidak puas dengan vonis pengadilan terhadap kasus Ahok," ucap politikus asal dapil Jawa Tengah itu.
 
Sebagaimana diketahui, sekelompok orang mendeklarasikan berdirinya Negara Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara. Bahkan ada beberapa orang yang mengibarkan bendera Minahasa Raya.

Deklarasi itu disuarakan di tengah-tengah aksi menuntut dibebaskannya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Kelompok tersebut menyuarakan kekecewaannya atas vonis Ahok dua tahun penjara.


(ROS)