Buron Penyelundup 1 Ton Sabu Ditangkap di Cilegon

Arga sumantri, Ahmad Rofahan    •    Jumat, 14 Jul 2017 13:28 WIB
sabupenyelundupan narkotika
Buron Penyelundup 1 Ton Sabu Ditangkap di Cilegon
Barang bukti sabu sebanyak 1 ton yang disita polisi. Foto: Antara/Asep Fathulrahman

Metrotvnews.com, Jakarta: Hsu Yung Li, satu penyelundup 1 ton narkoba jenis sabu yang sempat buron, ditangkap. Ia dicokok di kawasan Cilegon, Banten.

Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta mengatakan Hsu Yung Li ditangkap kemarin sekitar pukul 16.30 WIB. "Ditangkap saat dia ingin menaiki bus. Bus ini bukan bus umum, tapi bus pariwisata," kata Nico di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat 14 Juli 2017.

Nico mengatakan penangkapan dilakukan bekerja sama dengan Polres Serang dan dibantu Polda Banten. Mulanya Hsu Yung Li coba kabur menumpang bus umum. Namun, dia malah menyetop bus pariwisata. Bus itu tidak berhenti.

Dari situ, sopir bus dan warga curiga dengan gerak-geriknya. Sopir lalu melapor ke pos polisi terdekat. "Karena data dan foto yang bersangkutan sudah disebar, sopir melaporkan ke polsek setempat," ujar Nico.

Berbekal aduan itu, polisi langsung memburu Hsu Yung Li dan menangkapnya. Nico mengatakan Hsu Yung Li berperan membantu mengangkat barang haram itu ketika kapal menepi. "Yang bersangkutan mengangkat dari kapal menuju ke mobil," ucapnya.

Baca: Polisi Telusuri Keterlibatan WNI dalam Kasus Sabu 1 Ton

Di Cirebon, Jawa Barat, Kapolda Metro Jaya, Irjen Mochamad Iriawan, membenarkan penangkapan itu. "Penangkapan berawal dari kecurigaan warga karena pelaku tak bisa berbahasa Indonesia," kata Iriawan usai melantik Pengurus Perbakin Kabupaten Cirebon.

Hsu Yung Li adalah satu dari empat penyelundup 1 ton sabu. Tiga pelaku lain dibekuk dalam penggerebekan dini hari kemarin, Kamis, 13 Juli 2017, yakni Lin Ming Hui, Chen Wei Cyuan, dan Liao Guan Yu. Keempatnya merupakan warga negara Taiwan.

Lin Ming Hui tewas ditembak karena melawan dan dianggap membahayakan petugas saat penggerebekan. Ia merupakan bos alias pengendali penyelundupan 1 ton sabu ke Indonesia.

Penyelundupan sabu seberat 1 ton digagalkan kepolisian di Dermaga eks Hotel Mandalika, Jalan Anyer Raya, Serang, Banten, Kamis dini hari 13 Juli 2017.




(UWA)