Proses Identifikasi Penumpang Lion Dilakukan Berulang

Ilham wibowo    •    Sabtu, 10 Nov 2018 14:27 WIB
Lion Air Jatuh
Proses Identifikasi Penumpang Lion Dilakukan Berulang
Tim DVI RS Polri/Medcom.id/Ilham Wibowo

Jakarta: Tim Disaster Victim Identification (DVI) RS Polri butuh waktu panjang mencocokkan DNA penumpang Lion Air PK-LQP. Hasil tes DNA saja bisa keluar dalam 4 hingga 8 hari.

"Proses identifikasi hari ke-13 ini tentunya kondisinya sudah mulai berkurang, teman-teman laboratorium akan kesulitan, tapi nanti teknologi DNA akan bermain, artinya akan diulang lagi dengan proses yang lebih panjang," kata Kabid Operasi Tim DVI RS Polri Kombes Linda Cancer di RS Polri, Keramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu, 10 November 2018.

Identifikasi membutuhkan waktu panjang lantaran tim memerlukan alat canggih dan tagapan pengujian panjang. Semua itu dilakukan agar identitas penumpang bisa akurat dikenali.

"Perkembangan penemuan gigi, setelah kami lakukan prerekonsiliasi itu belum ada yang cocok. Informasi yang didapat dari gigi itu sebatas umur dan jenis kelamin, tidak bisa menentukan ini adalah orang tertentu," tegas dia.

Baca: Pencarian Korban Lion Air PK-LQP Memasuki Tahap Akhir

Ia berjanji segera menyampaikan informasi kepada keluarga begitu tim berhasil mencocokkan sampel DNA. Hingga hari ini, setidaknya 77 penumpang telah teridentifikasi dan diserahkan kepada keluarga.

Linda memastikan proses identifikasi berlangsung  terus menerus meski evakuasi di perairan disetop.




(OJE)